Beranda Budaya Tumbuh Kembangkan Rasa Toleransi Antar Sesama, Kesbangpol Gelar Sosialisasi Penguatan Forum Pembaruan...

Tumbuh Kembangkan Rasa Toleransi Antar Sesama, Kesbangpol Gelar Sosialisasi Penguatan Forum Pembaruan Kebangsaan

31
0
BERBAGI

Pasaman Barat | Newsumbar.com – Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sumatera Barat dengan Kesbangpol Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) Bidang Idiologi Wawasan Kebangsaan mengelar Sosialisasi penguatan Forum Pembauran Kebangsaan ( FPK) bagi etnis/paguyuban se-Kabupaten Pasbar di aula BAPPEDA, Selasa (4/9).

Dasar penyelanggaraan kegiatan ini merupakan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 34 Tahun 2006 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pembauran Kebangsaan di Tingkat Daerah hingga Tingkat Kecamatan.

Kepala Badan kesbangpol Provinsi Sumbar Nazwir mengatakan, tujuan kegiatan ini dalam rangka mewujudkan hubungan yang harmonis antara suku dan etnis yang merupakan bagian dari masyarakat di Kabupaten Pasbar serta meningkatkan pemahaman pentingnya pembaharuan kebangsaan bagi masyarakat di Kabupaten Pasbar.

“Jadi penguatan FPK ini dilaksanakan bertujuan sebagai forum tempat berdialog berbagai macam etnis yang ada di Pasaman Barat”, Jelasnya.

Lebih jauh ia menyampaikan, ada beberapa fungsi pembauran kebangsaan diantaranya menjaring aspirasi masyarakat dibidang pembauran kebangsaan, menyelenggarakan sosialisasi kebijakan yang berkaitan dengan pembauran kebangsaan dan pentingnya Forum Pembauran Kebangsaan.

“Jagalah komunikasi dengan baik, jangan sampai ada diskomunikasi antar sesama, jika itu terjadi segeralah selesaikan dengan musyawarah”, Harapnya.

Sementara itu, Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik Pasbar Hendra Putra didampingi Kabid Ideologi Wawasan Kebangsaan Delfina Syaf menjelaskan, Pasbar daerah yang cukup banyak keberagaman didalamnya seperti keberagaman suku, agama dan daerah asal.

“Disini ada tiga suku besar, Minang , Mandailing dan Jawa, maka dari itu, Pemerintah Daerah sangat bersyukur dan berterima kasih ketika Kesbangpol Provinsi Sumbar melakukan sosialisasi FPK ini di daerah kita”, Jelasnya.

Ia juga berharap, di Pasbar berdiri FPK ini. sebagai wadah bagi kita semua dalam menjalani kehidupan yang bergandengan tangan dengan berbagai etnis, suku agama. Dengan keberagaman ini, tentunya akan menjadikan kita lebih bisa mengharga satu sama lain serta menumbuhkan rasa toleransi yang tinggi sesama kita serta memperkokoh rasa persaudaraan. (@de).

loading...

Leave a Reply