Beranda Budaya Momentum Peringatan Hari Anak Nasional, Payakumbuh Lounching KIA “GENIUS”

Momentum Peringatan Hari Anak Nasional, Payakumbuh Lounching KIA “GENIUS”

40
0
BERBAGI

Payakumbuh, Newsumbar.com — Selasa (28/8), bertempat di Lapangan Sepakbola Tanjung Gadang, Kelurahan Tanjung Gadang Kecamatan Payakumbuh, Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) dan Lounching Kartu Identitas Anak (KIA). GENIUS (Gesit, Empati, Berani, Unggul dan Sehat) dipilih sebagai tema HAN tahun 2018 ini.

Kegiatan dibuka oleh Walikota Payakumbuh, Riza Falepi diwakili Sekretaris Daerah, Amriul Dt. Karayiang. Hadir pada kegiatan tersebut, Ketua TP PKK Kota sekaligus Ketua Umum Himpaudi Kota Payakumbuh, Ny. Henny Riza Falepi, Kepala Dinas Pendidikan, Agustion, Kepala DP3A&P2KB, Syahnadel Khairi, sejumlah perwakilan OPD dan perwakilan guru dan Murid PAUD S3 Kota Payakumbuh.

Dalam laporan, Ketua Panitia Kegiatan, Jumarel Andiko mengatakan, peringatan HAN dan Lounching KIA ditujukan untuk meningkatkan persatuan dan peran aktif masyarakat serta jajaran pemerintahan dalam mendukung pemenuhan hak anak dan perlindungan anak serta memberi ruang untuk anak termasuk yang berkebutuhan khusus dalam setiap kebijakan pemerintah.

“Hari ini disamping berbagai lomba antar anak TK/PAUD, kita juga melounching KIA. KIA ini merupakan program nasional Disdukcapil yang beririsan dengan program-program pemenuhan hak-hak anak dalam upaya menciptakan Kota Payakumbuh menjadi Kota Layak Anak,” ujar Jumarel.

Sementara, Ketua Himpaudi Kota Payakumbuh mengaku bersyukur dengan berbagai prestasi yang telah ditorehkan oleh anak-anak Di Kota Payakumbuh. Menurut hal tersebut tidak terlepas dari peran serta seluruh masyarakat dan pemerintah yang telah berhasil mewujudkan Payakumbuh sebagai Kota Layak Anak.

“Alhamdulillah banyak prestasi yang ditorehkan anak-anak kita di Payakumbuh yang perlu terus diapresiasi. Ada yang ikut olimpide internasional mewakili Indonesia dan ada yang ikut Parlemen Anak se Dunia di Taiwan. Terakhir, kota kita menerima penghargaan Kota Layak Anak dari pemerintah pusat,” ujar Ny. Henny Riza Falepi.

Sementara Sekda Kota Payakumbuh pada kesempatan tersebut mengajak segenap pihak baik instansi pemerintah,  sekolah dan masyarakat untuk dapat memberi ruang dalam segala bentuk perlindungan terhadap anak. Menurutnya itu penting dalam rangka mempertahankan Payakumbuh sebagai Kota Layak Anak.

“Kedepan, tahun 2019 mendatang, InsyaaAllah akan kita canangkan program KELANA (Kelurahan Layak Anak) agar kita bisa menjamin terpenuhinya hak-hak anak sebagai generasi penerus bangsa yang Bermartabat,” ujar Sekda, Amriul.

Amriul juga menyinggung terkait Lounching KIA.  Dijelaskan, KIA adalah identitas resmi anak sebagai bukti diri anak yang berusia kurang dari 17 tahun dan belum menikah yang diterbitkan Disdukcapil.

“Kita baru menerbitkan KIA pada tahun 2018 ini, karena kita pemerintah Kota Payakumbuh sudah dapat mencapai bahkan melampaui target nasional dari kepemilikan akta kelahiran bagi anak usia 0-18 tahun. Kesenangan itu diberikan Kemendagri melalui Kepmendagri Nomor : 471.13-257/DUKCAPIL/2018 tentang penetapan Kabupaten/Kota sebagai Penerbit KIA tahun 2018,” beber Amriul.

Lounching KIA kemudian ditandai dengan pelepasan balon bersamaan dengan balon peringatan HAN 2018 oleh Sekdako bersama Ketua Himpaudi Kota Payakumbuh. (Ay/TIM)

loading...

Leave a Reply