Beranda Budaya Limapuluh Kota Komit Dukung Usaha Kelompok Perempuan

Limapuluh Kota Komit Dukung Usaha Kelompok Perempuan

39
0
BERBAGI
Pemkab setempat bersama Cocoa Life bekerja sama dengan Jemari Sakato dan Yayasan Sayangi Tunas Cilik (YSTC) menggelar Capacity Building dan Workshop Kolaborasi di Ballroom Hotel Bundo Kanduang, Labuah Basilang, Kamis (26/7).
Pemkab setempat bersama Cocoa Life bekerja sama dengan Jemari Sakato dan Yayasan Sayangi Tunas Cilik (YSTC) menggelar Capacity Building dan Workshop Kolaborasi di Ballroom Hotel Bundo Kanduang, Labuah Basilang, Kamis (26/7).
Limapuluh Kota, Newsumbar.com – Guna membangun komitmen dan dukungan stakeholder untuk mitra lokal dan kelompok perempuan di Kabupaten 50 Kota, Pemkab setempat bersama Cocoa Life bekerja sama dengan Jemari Sakato dan Yayasan Sayangi Tunas Cilik (YSTC) menggelar Capacity Building dan Workshop Kolaborasi di Ballroom Hotel Bundo Kanduang, Labuah Basilang, Kamis (26/7).
Project Coordinatoor yayasan, Mardianceh Hutauruk mengatakan kegitan ini bertujuan menyatukan presepsi seluruh stackholder, dalam memberikan dukungan yang relevan untuk bekerjasama melaksanakan rencana aksi mendukung usaha kelompok perempuan di 7 Nagari Program Cocoa Life di Kabupaten itu.
“Tujuan dari kegiatan ini adalah mempersiapkan mitra lokal dan kelompok perempuan untuk dapat menyampaikan apa-apa yang telah dilakukan di nagari dan apa yang menjadi perencanaan mitra lokal di nagari agar dapat terintegrasi dalam perencanaan nagari dan kabupaten,”ujarnya.
Dikatakannya, dalam praktek pelaksanaan Program terdapat Lima pilar pemberdayaan yang dilakukan tiga lembaga antara lain pilar pertanian yang dilakukan oleh PT. Olam, Pilar Pemuda, Lingkungan dan mata pencaharian oleh Yayasan Sayangi Tunas Cilik (YSTC) serta pilar pemberdayaan masyarakat dan kelompok perempuan oleh lembaga JEMARI Sakato.
“Dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat program menginisiasi pembentukan mitra lokal yaitu perwakilan kelompok-kelompok dimasyarakat yang berkegiatan untuk menyusun rencana aksi nagari, harapannya dapat diakomodir,”tambahnya.
Tidak berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini pun mitra lokal juga telah kembali menyusun rencana aksi nagari serta prioritas dari kegiatan rencana aksi nagari tersebut yang telah dituangkan dalam bentuk proposal sederhana yang harapannya melalui proposal tersebut, rencana aksi nagari tersebut dapat terakomodir, apakah itu di tingkat kenagarian, kecamatan, atau bahkan tingkat kabupaten hingga pihak swasta.
Sementara itu, untuk kegiatan yang berkaitan dengan kelompok perempuan, JEMARI Sakato terus melakukan penguatan-penguatan kepada kelompok perempuan melalui beberapa kegiatan seperti penguatan perempuan terkait keterlibatan perempuan dalam perencanaan dan penganggaran, penguatan dibidang communication skill, serta penguatan dibidang financial melalui metode VSLA.
“Selain itu, penguatan kelompok perempuan juga dilakukan dengan mendorong kelompok yang memiliki usaha agar mempunyai jejaring dengan berbagai pihak. Bersama kelompok perempuan kita lakukan penguatan untuk mampu mempresentasikan apa usaha mereka, mulai dari mengembangkan profil  kelompok usaha hingga strategi untuk melakukan promosi,”sebutnya.
Sementara itu, Pj Sekda taufik Hidayat sebagai pemateri sekaligus membuka kegiatan mengapresiasi beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan Cocoa Life atas dukungan kepada mitra lokal dan kelompok perempuan di Kabupaten Limapuluh Kota.
“Kita berharap kegiatan ini terus didukung dan berlanjut, mudaha-mudahan apa yang dilakukan, mulai dari perencenaan, perumusan, dan permasalahan yang ada dapat berjalan dengan baik,”sebutnya
Dirinya berharap, seluruh OPD terkait dapat berkolaborasi dengan baik, sehingga seluruh program pemeberdayaan masyarakat ini dapat di singkronkan sesuai mekanisme yang ada. “Sehingga hasil yang diharapkan dapat maksimal. Untuk setiap sektor yang terlibat untuk dapat menghindarkan ego sektoral demi mencapai masyarakat yang sejahtera. Siapa yang tidak memanfaatkan kolaborasi maka akan tertingal,”pungkasnya.
Ikut hadir, Plt Kadis DP2KBP3A, Yenni Elfi, Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan UMKM, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari, Alzudri Prama, Bapelitbang, Dinas Perikanan, Forkopinca, Mitra Lokal, Women Champion, berserta peseerta lainnya. (Ay/TIM/Rel)
loading...

Leave a Reply