Beranda Budaya Festival Gapura Cinta Negeri Meriahkan HUT RI Ke-74 di Payakumbuh

Festival Gapura Cinta Negeri Meriahkan HUT RI Ke-74 di Payakumbuh

17
0
BERBAGI

Payakumbuh, Newsumbar.com – Dalam rangka menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Dalam Negeri, serta Badan Ekonomi Kreatif mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama-sama memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia melalui Festival Gapura Cinta negeri.

Melalui festival ini, kembali menyatukan semangat persatuan persaudaraan dan gotong royong sekaligus melestarikan tradisi perayaan 17 Agustus atau Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Hal ini juga bisa menjadi momentum baik untuk menciptakan sebuah gerakan yang mengusung nilai cinta negeri.

Loading...

Festival Gapura itu bertemakan cinta Negeri, dimana peserta adalah kategori perwakilan kelompok masyarakat di tingkat atau lingkungan RW dan Kategori instansi perwakilan karyawan/pegawai/anggota dari lembaga/instansi/perusahaan/organisasi.

Lokasi penilaian gapura Indonesia berada di wilayah Republik Indonesia, Penilaian Berdasarkan estetika dan nilai seni kreativitas produksi, semangat gotong royong kebersamaan, serta relevansi dengan tema.

Karya harus menyertakan logo HUT RI ke 74 yang dapat diunduh di website www.gapuracintanegeri.com, serta unsur keindonesiaan terdiri atas bendera merah putih, lambang negara Garuda Pancasila, dan motif kedaerahan Indonesia.

Peserta harus menceritakan ide dan proses pembuatan gapura pada saat mengunggah foto di website www.gapuracintanegeri.com (ide pembuatan, jumlah orang yang terlibat, sumber dana, dan total dana yang digunakan. Serta cerita lainnya yang berkaitan dengan pembuatan gapura.

Gapura berdiri tegak sekurang-kurangnya sampai dengan tanggal 17 september 2019, hasil karya yang dibangun tidak mengandung unsur Sara, Pornografi, Politik, dan Ormas.

Pembangunan gapura harus memperhatikan keamanan dan keselamatan, sumber pembiayaan menggunakan swadaya masyarakat, dan tidak menggunakan dana desa atau pemerintah.

Masing-masing peserta wajib mengirimkan 10 foto yang terdiri dari 4 foto kemeriahan proses pembuatan gapura dan 6 foto hasil karya gapura dari berbagai sudut.

Masing-masing peserta dari kategori umum dan lembaga wajib mengirimkan kartu identitas, khusus bagi peserta kelembagaan wajib mengirim kartu tanda anggota lembaga/instansi/organisasinya.

Ukuran foto maksimal 1 MB,
Peserta mengirimkan foto via website, dibuka pada tanggal 17 Juli 2019 pukul 16.00 dan ditutup pada tanggal 17 Agustus 2019 pukul 23.59.

Panitia akan menerima mengakurasi dan menyeleksi seluruh hasil karya, hasil kurasi akan dinilai oleh juri, kriteria penjurian ditentukan berdasarkan skoring juri.

Posting Video dan foto kemeriahan proses pembangunan gapura di Instagram dengan menggunakan# gapura Cinta negeri mention ke akun @ festival gapura untuk membantu mempromosikan gapura anda menjadi pemenang favorit apabila dalam 13 besar

17 Juli 2019 press conference dan dimulainya promo program.

17 Juli sampai 17 Agustus 2019 pengiriman foto gapura 17 sampai 19 Agustus 2019 penjurian untuk menentukan 50 gapura kategori umum dan 10 gapura lembaga
20 Agustus 2019 seleksi untuk menentukan 10 pemenang kategori umum dan 3 pemenang kategori lembaga 21 sampai 22 Agustus 2019 survei 13 pemenang 22-28 Agustus 2019 pengumuman 10 pemenang kategori umum dan 3 pemenang kategori lembaga dan dimulai voting gapura favorit pilihan netizen.

29/30 Agustus 201913 pemenang ke Jakarta masing-masing 5 perwakilan 9 atau 30 Agustus 2019 pengumuman 1 gapura terbaik kategori umum gapura favorit pilihan netizen dan tiga gapura terbaik kategori lembaga

Estetika dan nilai seni bobot 30% Kreativitas produksi bobot 25% Ide bobot 20% Semangat kebersamaan dan gotong royong 15%

10 pemenang kategori umum dan 3 pemenang dari kategori lembaga akan diundang ke Jakarta untuk bertemu Presiden Republik Indonesia dan menerima penghargaan langsung dari Presiden Joko Widodo. (Jnd/arya)

loading...

Leave a Reply