Beranda Event Sumbar Dibuka Gubernur, MTQ Tingkat Kabupaten Limapuluh Kota Ditabuh

Dibuka Gubernur, MTQ Tingkat Kabupaten Limapuluh Kota Ditabuh

10
0
BERBAGI

Limapuluh Kota, Newsumbar.com -Pembukaan Musabaqah Tilawatil Al Qur’an (MTQ) ke 38 tingkat Kabupaten Limapuluh Kota berlangsung meriah dengan hadirnya ribuan masyarakat yang memadati lapangan Sepak Bola BBS, Kenagarian Batu Balang, Kecamatan Harau pada Senin (22/10) kemaren.

Kegiatan ini dibuka secara resmi Gubernur Sumatera Barat, dalam hal ini diwakili Asisten 2 Pemprov Sumbar, Benny Warlis. Ikut Hadir, Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi, wakil bupati Ferizal Ridwan, anggota DPRD, Forkopinda beserta undangan lainnya.

“Mudah-mudahan melalui MTQ ini dapat dijadikan momentum merubah diri ke arah yang lebih baik, kita yang hadir diberi keberkahan dan terlindung dalam lindungan Allah SWT,” ujar Benny Warlis.

Dirinya meyakini, dengan momentum MTQ tingkat Kabupaten ini dapat melahirkan generasi muda yang mencintai alquran di Provinsi Sumatera Barat, khususnya di Kabupaten Limapuluh Kota.

“Kemaren Provinsi Sumbar baru saja mengikuti lomba MTQ tingkat Nasional, meskipun hasil yang didapatkan belum maksimal, kita yakin kedepan generasi penerus ini bisa mengulang kejayaan kembali pembaca alquran di Provinsi Sumatera Barat seperti tahun 80an,”sebutnya.

Tentunya hal ini diperlukan pembinaan-pembinaaan yang berjenjang untuk disiapkan, menurutnya pemerintah daerah baik di Kabupaten dan Provinsi terus berusaha meningkatkan kualitas Kafilah-kafilah ini. “Mari bersama-sama Kita kembalikan kejayaan Sumbar sebagai lumbung qori dan qoriah sebagaimana predikat yang pernah kita dapatkan berapa tahun lalu,”ajak mantan sekdako Payakumbuh ini.

Senada Bupati Limapuluh Kota dalam sambutannya mengatakan, penyelenggaran MTQ ini bertujuan sebagai bentuk kecintaan terhadap alquran dalam meningkatkan Syiar Islam. “Mari kita sambut MTQ ke 38 di Kabupaten Limapuluh Kota ini dengan suka cita. Semoga dengan MTQ masyarakat semakin cinta untuk membaca dan mempelajari isi dari kandungan alquran,”ujarnya.

Dirinya juga menghimbau agar seluruh lapisan bersama-sama mempersiapkanĀ  generasi penerus yang qurani di Limapuluh Kota seiring dengan kemajuan zaman yang begitu oesat. “Kita harus mampu mempersiapkan generasi-generasi ini. Kita meyakini melalui MTQ ke 38 bakal lahir Qori dan Qoriah Limapuluh Kota yang berprestasi baik di tingkat provinsi maupun tingkat nasional. Target kita pada MTQ Provinsi mendatang, kabupaten ini bisa masuk kedalam 5 besar,”pungkasnya.

Dari laporan Panitia Pelaksana, Indra Yurisman menyebutkan peserta ini di ikuti kafilah yang tersebar dari 13 Kecamatan di Kabupaten itu. Ada 12 cabang yang bakal di lombakan yang dimulai Senin- Jumat (22-26/10)

“Kegiatan ini dapat terlaksana berkat gotong royong masyarakat dibantu pemerintah daerah. Untuk lokasi perlombaan kita libat seluruh nagari di Kecamatan Harau,”sebutnya.

Pembukaan MTQ ke 38 ini ditandai dengan pemukulan beduq, dilanjutkan dengan pelantikan panitia pelaksana, sekaligus penaikan bendera LPTQ serta aksi ratusan anak nagari yang disaksikan ribuan pasang mata pengunjung. (Jnd/rel)

loading...

Leave a Reply