Beranda Budaya Berbagai Iven dan Perlombaan Meriahkan HUT RI ke 73 di Batalyon 131/BRS

Berbagai Iven dan Perlombaan Meriahkan HUT RI ke 73 di Batalyon 131/BRS

57
0
BERBAGI

Payakumbuh, Newsumbar.com – Berbagai iven dan perlombaan berlangsung dalam rangka memeriahkan semarak Hari Ulang Tahun (HUT) RI yang ke 73. Tidak hanya di kota besar saja, hingga pelosok desapun semangat hari jadi ini begitu kental terasa, hingga setiap orang memang benar-benar merasakan nikmatnya kemerdekaan tersebut.

Seperti halnya, di Kota Payakumbuh, Propinsi Sumatera Barat, Batalyon Infanteri 131/Braja Sakti menggelar berbagai perlombaan yang diikuti parajurit dan keluarga prajurit, di lapangan upacara Batalyon 131/BRS, Kelurahan Ranah Tiakar, Kota Payakumbuh, Sabtu (18/8).

Dibawah terik matahari, semagat peserta yang didominasi oleh anak-anak para prajurit kegiatan berlangsung dengan kemeriahan yang luar biasa. Bahkan jatuh disaat berlari dalam perlombaan tidak mengendorkan semagat, mereka bangkit kembali untuk menyelasaikan perlombaan.

Ada hal unik dalam perlombaan tersebut. Didalam puluhan tumpukan seragam loreng milik prajurit, anak-anak harus mencari baju seragam sang ayah dengan cepat. Fokus mereka tidak pecah untuk mencari seragam sang ayah dalam sorak sorai penonton yang mengelilingi zona perlombaan.

Selain itu pengenalan kepada perlengkapan tempur mulai dari magazine hingga helm juga diperlombakan. Sebagian anak ada yang salah dalam penempatan alat tempur yang sudah ditentukan panitia. Namun, banyak dari mereka yang cepat mengerti dan mengenal alat-alat tersebut. Bahkan cara pemakaian kompas pada peta serta penyamaran juga diikuti oleh anak-anak dilingkungan Batalyon tersebut.

Komandan Batalyon 131/BRS Mayor Infantri Yusuf Tanjung mengatakan, perlombaan ini selain memperingati Hut RI Ke-73 juga sebagai ajang pengenalan profesi parajurit kepada anak-anaknya. Tidak ketinggalan, perlombaan bagi prajurit dan istri juga di adakan. Pada perlombaan ini sang istri berlomba memasangkan seragam kepada suami dengan cepat dan tepat lanjut suami merias wajah istri dengan baik.

“Selain edukasi kepada anak dan pengenalan profesi ayah mereka, kita berharap anak-anak mampu memahami akan sebuah perjuangan untuk meraih hasil yang baik. Lomba ini juga membangun rasa cinta dan sayang antara suami dan istri prajurit.” Kata Danyon kepada awak media, Sabtu (18/8).

Danyon menambahkan, kedepan kita akan mengajak masyarakat sekitar untuk ikut berpartisipasi dalam perlombaan. “Semoga tahun depan terealisasi kembali, untuk sekarang cukup dilingkungan batalyon saja.” Pungkas Danyon. (Ay/TIM).

loading...

Leave a Reply