Beranda Ekonomi Wujudkan Kemandirian Pangan Keluarga, Bupati Syahiran Buka Kegiatan Gertam Pemanfaatan Lahan Pekarangan

Wujudkan Kemandirian Pangan Keluarga, Bupati Syahiran Buka Kegiatan Gertam Pemanfaatan Lahan Pekarangan

20
0
BERBAGI

Pasbar, Newsumbar.com – Bupati Pasaman Barat, H. Syahiran membuka secara resmi Gerakan Tanam (Gertam) di lahan Albasiko II Padang Canduh Kecamatan Kinali. Gerakan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pangan Provinsi Sumatera Barat dan Dinas Ketahanan Pangan Pasaman Barat.

Gerakan Tanam merupakan upaya strategis dari pemerintah dalam rangka mewujudkan kemandirian ekonomi melalui pemanfaatan lahan pekarangan dengan tanaman bermanfaat.

Menurut Syahiran, komoditas cabe merupakan komoditas utama penyumbang inflasi. Persoalan tersebut terlihat dari tingginya fluktuasi harga cabe.

“Gertam bertujuan untuk memunculkan peran serta masyarakat dalam pemanfaatan lahan pekarangan untuk ketahanan pangan keluarga. Dengan memanfaatkan lahan pekarangan, masyarakat bisa mewujudkan kemandirian pangan keluarga karena tidak perlu lagi membeli cabe dan sayur-mayur lainnya karena sudah tersedia di halaman rumah,” katanya.

Namun hal tersebut menurut Syahiran mengalami berbagai kendala. Misalnya dalam penanaman cabe, masyarakat tidak mengetahui bagaimana sebenarnya tata cara penanaman dan pengelolaan tanaman cabe dengan baik sehingga hasilnya kurang maksimal.

“Saya pernah coba menanam 100 batang cabe di pekarangan rumah, tapi hasilnya hanya bisa dinikmati satu kali panen saja. Ini tentu perlu trik khusus. Saya minta Dinas Pangan Pasbar untuk mengaktifkan seluruh penyuluh pertanian untuk memberikan masukan kepada masyarakat yang ingin bercocok tanam agar hasilnya bisa maksimal,” himbaunya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua TP. PKK Provinsi Sumatera Barat, Nevi Zuairina menyampaikan bahwa gerakan tanam dalam mendukung kemandirian pangan keluarga bukanlah gerakan asing bagi kelompok PKK, sebab program tersebut sudah tertuang dalam program PKK Pokja III yakni program Hatinya PKK.

Senada dengan itu, Ketua TP. PKK Pasbar, Yunisra Syahiran memandang bahwa optimalisasi lahan pekarangan dengan tanaman cabe misalnya, dapat dijadikan solusi menghadapi gejolak harga pangan yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

“Gerakan ini bisa penuhi kebutuhan pangan keluarga, bisa menambah pendapatan serta memenuhi kebutuhan gizi keluarga jika sudah terlaksana dengan baik,” pungkas Yunisra.
Pemanfaatan lahan pekarangan dalam bentuk sayur mayur.

Sementara Ketua Kelompok Tani Albasiko II Kinali, Karno menyampaikan bahwa banyak orang memandang remeh pemanfaatan lahan perumahan denganntanaman bermanfaat seperti sayuran, padahal usaha tersebut memiliki hasil yang menggiurkan.

“Kelompok Albasiko sudah membuktikan semenjak tahun 2012 jual beli sayur yang dilakukan sudah mendapat keuntungan jual beli Rp 600.000 per hari. Jadi banyak orang yang menganggap remeh padahal keuntungannya sangat besar,” tutur Karno.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Dandim 0305 Pasaman, Pri Isdiyanto, Para Asisten, Kepala OPD, Kabag dilingkungan Setda Pasbar, Tokoh masyarakat dan masyarakat setempat. (Ade/Humas)

loading...

Leave a Reply