Beranda Kabupaten Pasaman Barat Ujung Tombak Pelayanan Kesehatan Di Tingkat Lini, Yunisra Syahiran: Kader Posyandu Tugas...

Ujung Tombak Pelayanan Kesehatan Di Tingkat Lini, Yunisra Syahiran: Kader Posyandu Tugas Mulia

35
0
BERBAGI

Pasbar, Newsumbar.com – Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP. PKK), Yunisra Syahiran memberikan motivasi kepada sejumlah Kader Posyandu se- Kecamatan Ranah Batahan, Jumat (29/6) di aula Kantor Camat Ranah Batahan. Motivasi diberikan untuk mendorong semangat para kader dalam menjalankan tugasnya dalam melayani masyarakat.

“Jadi kader itu tugas mulia, jalani dengan ikhlas meskipun tidak digaji. Semuanya akan bernilai ibadah jika kita tulus dalam berbuat. Mengabdi untuk masyarakat adalah tugas istimewa” ungkap Yunisra.

Disampaikan, Kader Posyandu merupakan motivator ditengah masyarakat. Perannya sangat penting dalam menjalankan program pemerintah terutama perihal menggerakkan masyarakat untuk mengikuti Posyandu dan lain sebagainya.

“Posyandu merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan di tanah preventif dan promotif. Fungsinya adalah sebagai wadah untuk mendekatkan pelayanan kesehatan dasar, terutama berkaitan dengan penurunan AKI, AKB dan AKABA,” jelas Yunisra.

Dilanjutkannya, Kader Posyandu memiliki peran yang nyata dalam perkembangan tumbuh kembang anak Bawah Lima Tahun (Balita) dan kesehatan Ibu. Kader Posyandu sekaligus panutan karena telah mengabdi demi pertumbuhan anak dan kesehatan Ibu.

“Saya berharap petugas Puskesmas terus mendukung kader dalam penyelenggaraan Posyandu. Penyelenggaraan Posyandu yang baik, akan memberikan kontribusi yang besar dalam upaya menurunkan angka kematian Ibu dan Bayi yang pada gilirannya akan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” pungkasnya.

Sementara, Camat Ranah Batahan, Syahwirman memadang bahwa peran Kader Posyandu sangatlah vital, dilihat dari segi tugas pokok dan fungsinya di tengah masyarakat.

“Ini menyangkut tugas sosial dan sudah semestinya setiap kebijakan yang dilakukan oleh Kader Posyandu sesuai degan visi dan misi pemerintah. Kader Posyandu harus kompak dan sejalan dengan pemerintahan sehingga dapat membuahkan hasil yang maksimal dalam setiap pelaksanaan tugasnya,” tegas Syahwirman.

Pelatihan SIP bagi Kader Posyandu diikuti oleh 38 Kader Posyandu dari 30 kejorongan yang yang ada dan berlangsung hingga Jum’at sore. (Ay/TIM/Rel)

loading...

Leave a Reply