Beranda Kota Payakumbuh TSR I Pemko Payakumbuh Serahkan Bantuan 30 Juta Untuk Mesjid Baitussalam

TSR I Pemko Payakumbuh Serahkan Bantuan 30 Juta Untuk Mesjid Baitussalam

25
0
BERBAGI

Payakumbuh, Newsumbar.com – Pada malam kedelapan Ramadhan 1439 H yang bertepatan dengan Rabu (23/05/2018) Tim Safari Ramadhan (TSR) I Pemko Payakumbuh yang dipimpin langsung Walikota bersama Kepala Kankemenag bersama rombongan kunjungi jemaah Mesjid Baitussalam Koto Baru Balai Janggo Kelurahan Kapalo Koto Dibalai.

Tampak hadir kesempatan malam yang penuh berkah dan silaturahim ini Kepala Bappeda Rida Ananda, Kabag Kesra UL Fakhri, Kabag Protokolan, Firdaus, Kadis PU, Muslim, Ketua KPU, Muhammad Khadafi, perwakilan BPJS Payakumbuh. Kehadiran TSR I ini disambut Camat Payakumbuh Utara, Nofriwandi bersama Lurah setempat Rendi Pratama bersama pengurus mesjid dan tokoh masyarakat setempat.

Rangkaian kegiatan TSR ini dimulai usai pelaksanaan shalat Isya berjemaah. Bertindak sebagai pentausiyah malam itu Ustadz H. Rusli S.Pd.I yang memaparkan tausiyah yang bertemakan cara meraih ampunan Allah SWT.

Kepada Tim Safari ramadhan, Pengurus mesjid, Heri Iswandi Dt. Muntiko Alam yang juga sebagai Anggota DPRD Kota payakumbuh yang sekaligus tokoh masyarakat setempat menyampaikan selamat datang kepada tim safari Ramadhan.

“Selamat datang, dan inilah kondisi jemaah dan keadaan mesjid kami. Saat ini pengurus bersama warga Koto Baru Balai Janggo sibuk mencari dan menggalang dana untuk merenovasi wc mesjid. Demi lancarnya niat bersama ini, kami tak sungkan untuk mengajukan permohonan kepada pemko Payakumbuh melalui tim safari ramadhan,” sambut Heri Iswandi Dt. Muntiko Alam yang kesempatan itu juga sebagai anggota TSR

Menaggapi permohonan yang disampaikan Pengurus Mesjid Baitussalam, Walikota Payakumbuh yang kesempatan itu diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan Ir. Syahril mengawali sambutannnya dengan penyampaian salam maaf dari Walikota Riza Falepi, karena kesempatan bersamaan Walikota sedang berada di Jakarta untuk menerima penghargaan UHC dari Mendagri

” TSR Pemko Payakumbuh yang dilaksanakan rutin tiap tahunnya di Bulan ramadhan bertujuan untuk meningkat silaturahim antara pemko dengan warga kota. Bagaimana pemko lebih dekat dengan warganya. Kesempatan ini merupakan kunjungan kedua TSR I Pemko Payakumbuh, karena sebelumnya kunjungan telah kita awali di Mesjid Ihsan Kelurahan Koto Panjang Dalam Kec. Latina pada Selasa malam (22/05/2018). Untuk Ramadhan tahun 2018 ini, pemko Payakumbuh menurunkan 10 tim safari Ramadhan yang akan mengunjungi 20 mesjid selama 2 malam. Disamping bersilaturahim dengan warga kota, kami juga akan menyerahkan bantuan ala kadarnya untuk menunjang kelancaran pembangunan fisik ataupun biaya operasional mesjid,” terang Syahril sambil mengenalkan anggota TSR yang hadir malam itu.

Dilanjutkannya, Kepada kami, Walikota Payakumbuh berpesan agar warga kota dapat memaksimalkan kualitas dan kuantitas ibadah selama 1 bulan Ramadhan. Bagaimana jemaah dapat tenang dan aman dalam menjalankanibadah di bulan suci Ramadhan yang penuh berkah, rahmah dan ampunan ini. Sehingganya, kebiasaan yang telah tertanam selama Ramadhan dapat dikembangkan pasca Ramadhan, termasuk menjadi seorang yang dermawan.

Dalam kepemimpinannya yang kedua, Walikota Payakumbuh Riza Falepi lebih menekankan pada pembangunan fisik dan mental sebagaimana tertuang dalam visi dan misi Walikota. Bagaimana Payakumbuh menjadi kota yang tangguh lahir dan bathin melalui penciptaan SDM handal, pertumbuhan ekonomi tangguh, penataan kota yang nyaman, tata kelola pelayanan yang baik dan terwujudnya masyarakat yang berakhlak mulia sesuai azas ABS/ABK. Setelah dalam kepemimpinan pertamanya, Walikota Riza Falepi telah menitik beratkan pembangunan infrastruktur, sebagaimana yang dapat kita lihat bersama. Pembangunan itu semata hanya untuk rakyat dan pembangunan itu akan terus berlanjut. Mari kita berdoa bersama, semoga laporan keuangan Payakumbuh kembali meraih Prediket WTP,” pungkas Syahrir.

Kesempatan itu TSR I Pemko Payakumbuh menyerahkan dana hibah senilai Rp. 30 juta yang diterima Darmansyah, salah seorang pengurus Mesjid Baitussalam.

Terkait termen tanya jawab dan penyampaian usul dan saran dilaksanakan usai pelaksanaan shalat tarwih dan witir berjemaah. Berbagai usul dan saran disampaikan pengurus dan tokoh masyarakat kepada TSR I Pemko Payakumbuh. Diantaranya usulan yang disampaikan Heri Iswandi Dt Muntiko Alam kepada Walikota melalui Kepala Bappeda. Heri Iswandi mengusulkan bagaimana lahan yang semulanya akan dijadikan untuk pendirian mesjid agung dijadikan sebagai kawasan RTH dan lapangan olahraga, berhubung lapangan olahraga di lapangan Poliko tidak lagi bisa dimanfaatkan maksimal oleh warga, karena sudah menjadi areal perkantoran. Usulan tersebut telah ditampung TSR I Pemko Payakumbuh untuk selanjutya akan dibincangkan secara bersama dengan Walikota dan DPRD Kota Payakumbuh.

Selain itu juga tampak tokoh masyarakat mengusulkan permohonan pelebaran badan jalan sepanjang Jalan Mentilau dan Jalan H. Rasul, penambahan penerangan jalan umum di kelurahan Tigo Koto Dibalai. Adapun pertanyaan terkait penjaminan kesehatan kesempatan itu dijawab perwakilan BPJS Payakumbuh.

Sementara itu, Kepala kankemenag Asra Faber kesempatan itu lebih menekankan bagaimana pengelolaan wakaf tunai dan wakaf mart bisa berjalan maksimal di Kota Payakumbuh. Karena program wakaf tunai dan rencana pendirian wakaf mart ini sudah mendapat dukungan penuh pemko Payakumbuh. (Ay/TIM)

loading...

Leave a Reply