Beranda Kota Payakumbuh Tinjau Tiga OPD, Pelayanan Publik Pemko Payakumbuh Dinilai Kemenpan-RB

Tinjau Tiga OPD, Pelayanan Publik Pemko Payakumbuh Dinilai Kemenpan-RB

30
0
BERBAGI

Payakumbuh, Newsumbar.com –– Selama tiga hari, Selasa – Kamis (7-9/8), Tim dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Republik Indonesia menyambangi 3 (tiga) organisasi perangkat daerah (OPD) di Kota Payakumbuh. Kehadiran mereka guna menilai proses layanan publik yang berlangsung di Kota Payakumbuh.

Tim penilai dipimpin oleh Oscar Galaxy Jannata, SAP. MAP, beranggotakan Yoanda, S.Ikom, M.Si dan beberapa staf Kemenpan RB. Selama proses penilaian, tim didampingi Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Payakumbuh, Yon Refli beserta jajaran sebagai leading sektor kegiatan penilaian pelayanan publik di Pemko Payakumbuh.

“Proses penilaian berlangsung cair dilapangan. Tim penilai tidak mau terlalu prosedural dan resmi, mereka langsung turun dan berinteraksi dengan objek yang dinilai. Bagi kita tidak masalah,  kita siap saja dengan metode dan cara apapun yang dipakai Tim,” ujar Yon Refli, saat dihubungi Kamis, (9/8).

Dikatakan, tiga OPD yang dijadikan sample sekaligus objek penilaian merupakan pilihan dari Tim Penilai itu sendiri. “Untuk tahun ini ada tiga OPD yang dinilai, yaitu RSUD dr. Adnaan WD, lalu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu,” terang Yon Refli.

Dijelaskan, dalam penilaian pelayanan publik tersebut, ada beberapa hal yang ingin di potret Tim. Diantaranya, melihat bagaimana pelaksanaan pelayanan baik, instrumen pelayanan, sarana prasarana dan juga mendengarkan pendapat masyarakat terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh ASN.

“Dari tanggapan mereka selama proses penilaian, tim mengaku cukup puas terhadap pelayanan di tiga OPD tersebut. Mereka berharap kita mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan yang sudah kita laksanakan sekarang. Mereka juga mengpresiasi Pak Walikota dan jajaran Pemko Payakumbuh,” tambah Yon Refli.

Kota Payakumbuh sendiri satu dari tujuh daerah yang ditetapkan Menpan-RB menjadi percontohan bidang pelayanan publik di Sumatera Barat. “Semoga kita bertemu di Kemenpan-RB untuk memperoleh penghargaan dari hasil penilaian pelayanan publik hari ini,” ujar pimpinan Tim Penilai, Oscar Galaxy Jannata, SAP. MAP disambut ucapan Amiin dari Yon Refli dan jajarannya.

Terpisah, Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunaz menyambut baik kehadiran Tim Penilai Kemenpan-RB. Wawako optimis, Kota Payakumbuh bisa memperoleh hasil yang baik mengingat budaya kerja ASN Kota Payakumbuh kian membaik.

“Kami melihat cara kerja aparatur kita sudah semakin baik melalui berbagai pembinaan yang kita berikan. Hal itu terbukti dengan semakin banyaknya prestasi yang diraih Kota Payakumbuh. Mudah mudahan ini semua memotivasi kita untuk bisa lebih baik lagi,” ujar Wawako, Erwin Yunaz saat menerima Tim Penilai Kemenpan-RB diruang kerjanya Kamis (9/8) siang.(Ay/Tim)

loading...

Leave a Reply