Beranda Kabupaten Pasaman Barat Tingkatkan Kesiagaan Bencana, BPBD Pasbar Adakan Pendidikan dan Pelatihan KSB Nagari

Tingkatkan Kesiagaan Bencana, BPBD Pasbar Adakan Pendidikan dan Pelatihan KSB Nagari

23
0
BERBAGI

Pasaman Barat | Newsumbar.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat adakan kegiatan pendidikan dan pelatihan Kelompok Siaga Bencana Nagari (KSB) mulai dari tanggal 28 s/d 30 Agustus 2018 mendatang yang bertempat di hotel Guci Pasaman Barat.

Pj. Sekda Kabupaten Pasaman Barat Andrinaldi saat membuka acara menyampaikan agar peserta dapat mengikuti kegiatan pendidikan dan pelatihan siaga bencana  tersebut dengan baik dan tidak mensia – siakan kesempatan tersebut, karena kegiatan pendidikan dan pelatihan itu sangat bermanfaat.

“Saya sangat berharap agar semua peserta dapat mengikukuti acara ini sampai selesai, ingat, KSB ini merupakan relawan kemanusian jadi jangan berharap imbalan, namun KSB ini merupakan orang – orang pilihan yang akan menjadi ujung tombak informasi dalam penanganan sebuah bencana di Nagari asal kita”, Ujar Andrinaldi.

Sementara itu, Kepala Badan BPBD Pasaman Barat Tri Waluyo  menyampaikan bahwa kegiatan pendidikan dan pelatihan KSB tersebut dilaksanakan dalam rangka peningkatan pengetahuan KSB tentang penangulangan bencana dan nanti para peserta diharapkan mampu menjadi orang pertama yang bergerak dan menyampaikan informasi kepada BPBD jika terjadi Bencana di Nagari.

“Untuk saat ini 13 Kenagarian dari 19 Nagari Induk di Pasaman Barat sudah memiliki KSB  disetiap Nagarinya, setiap Nagari ada 20 anggota KSB dan sekarang pendidikan dan pelatihan ini di ikuti oleh 3 Kenagarian dengan setiap Nagari mengutus 10 Orang peserta,” Jelas Kaban BPBD

“Nanti ditahun 2019 kita akan gelar lagi pendidikan dan pelatihan KSB ini untuk enam (6) Kenagarian induk yang belum mengikuti kegiatan ini, sehingga 19 Nagari induk ini nanti semuanya telah memiliki KSB”, Tambah Kaban.

Ia menambahkan, peserta pelatihan KSB saat ini berasal dari Nagari Aua Kuniang, Desa Baru dan Sinuruik yang bertujuan  memberikan pengetahuan tentang penangulangan bencana dan pemahaman tugas dan fungsi relawan KSB. Sementara untuk pemateri berasal dari BPBD Pasaman Barat, BPBD Propinsi Sumbar, KOGAMI, Dinas Kesehatan, TNI dan PMI.

“Paling tepat dalam menghadapi bencana adalah mengerti, memahami informasi, solusi agar meminimalisir  bahaya yang mengancam, Namun disini  minimal para KSB tahu apa langkah dan tindakan yang harus dilakukan jika sewaktu – waktu terjadi bencana di Nagarinya sendiri dan perlu di ingat bahwa bencana merupakan tanggung jawab bersama,” ucapnya.

Dalam kegiatan yang sama, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Pasaman Barat, H. Setarman menuturkan bahwa KSB ini merupakan perpanjangan tangan BPBD untuk Nagari – Nagari yang ada di Pasaman Barat.

“Benar, KSB ini dibentuk oleh Nagari dan disahkan oleh nagari, jelas tujuan KSB ini  dibentuk jika sewaktu-waktu terjadi bencana di nagari mereka, mereka sudah mampu dan paham dalam penanggulangannya,” jelasnya.

Dikatakannya, dari dua belas (12) bencana yang tercatat, lonsor dan banjir adalah bencana yang sering terjadi di Pasaman Barat. Dengan seringnya terjadi bencana, kita harus menyiapkan para KSB yang ada di setiap Nagari. (@de)

loading...

Leave a Reply