Beranda Kabupaten Pasaman Barat Tekan Angka Kematian Ibu dan Anak, Dinas Kesehatan Pasbar Luncurkan Aplikasi Kawal...

Tekan Angka Kematian Ibu dan Anak, Dinas Kesehatan Pasbar Luncurkan Aplikasi Kawal Bumil

24
0
BERBAGI

Pasaman Barat – Kabupaten Pasaman Barat menempati urutan kedua dari 19 Kabupaten/Kota di Sumatera Barat dengan jumlah kematian ibu dan bayi terbanyak. Sampai periode Juni 2017, jumlah kematian ibu sudah mencapai 10 kasus.

Oleh sebab itu perlu usaha yang lebih keras dari Pemerintah Daerah Pasaman Barat dalam hal ini Dinas Kesehatan untuk bisa membuat strategi dalam rangka menekan jumlah kematian ibu dan bayi.

Atas dasar tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman Barat melalui proyek perubahan diklat PIM Tk II, membuat satu program inovasi, dengan meluncurkan serta mensosialisasikan aplikasi KAWAl BUMIL ( Kenali dari awal ibu hamil), Jumat (14 /7) di Aula kantor Bupati Pasaman Barat.

Acara yang dibuka oleh Bupati Pasaman Barat, H. Syahiran juga turut dihadiri oleh Sekdakab Pasaman Barat, Manus Handri, ketua Tp PKK, Camat, Walinagari, Bidan koordinator Puskesmas, bidan desa dan jorong se-Kabupaten Pasaman Barat serta OPD terkait lainnya. Peluncuran dan Sosialisasi aplikasi Kawal Bumil ini dapat di akses melalui sistim aplikasi berbasis android dan SMS.

Kedepan, diharapkan dengan adanya aplikasi ini dapat menunjang percepatan upaya penurunan angka kematian ibu dan bayi di Kabupaten Pasaman Barat, ” Saya memberikan apresiasi kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman Barat yang mencoba melakukan suatu inovasi untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi”, ucap Bupati Syahiran dalam sambutannya.

Selanjutnya Kepala Dinas Kesehatan, Haryunidra menjelaskan bahwa, Aplikasi ini tidak hanya bermanfaat untuk Ibu Hamil saja, tetapi dengan aplikasi ini dapat menunjukan siapa saja bidan desa serta jorong yang aktif dan yang lalai dalam menjalankan tugasnya.

Acara ini ditutup dengan penyerahan piagam penghargaan kepada Puskesmas atas akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah, sebagai tindak lanjut hasil pemeriksaan aparatur pengawasan fungsional tim pengawasan 2005 sampai 2015 dengan predikat tuntas kepada upt Puskesmas Lembah Melintang, Kinali, Air Bangis, Silaping, Ujung Gading, Paraman Ampalu, Desa Baru, Muaro Kiawai, dan Parit. (ay)

Sumber : http://pasamanbaratkab.go.id

Leave a Reply