Beranda Budaya Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharam 1440 H, Masyarakar Nagari Aur Kuning...

Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharam 1440 H, Masyarakar Nagari Aur Kuning Gelar Pawai Obor

12
0
BERBAGI

Pasaman Barat | Newsumbar.com — 3000 an masyarakat Nagari Aua Kuniang, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Senin Malam (10/9) tumpah ruah ikuti Pawai Obor dalam rangka menyambut Tahun Baru umat Islam 1 Muharam 1440 H.

Pawai obor ini diselenggarakan oleh Pemerintahan Nagari Aua Kuniang diikuti oleh Siswa TPA Se-Nagari Aua Kuniang, Siswa pesantren Darus Salam Pinaga, Anggota Wirid Yasin Se-Nagari Aua Kuniang dan dari semua kalangan masyarakat Nagari Aua Kuniang .

” Ya, pawai obor yang kita laksankan dalam rangka menyambut tahun baru umat islam 1 muharam 1440 H,” ujar Wali Nagari Aua Kuniang Hendro S.Pd.

Hendro menuturkan, pawai obor ini dimulai dari kantor wali Nagari Aua kuning Padang Tujuh – Simpang pertanian – Masjid Baitul Salam Sukomenanti, dan dilanjutkan kegiatan Muhasabah yang dipimpin oleh ustad Roffi.

“Selain kegiatan Pawai Obor, Nagari Aua Kuniang sebelumnya Juga melaksankan kegiatan lomba Qasidah Rabana antar TPA/ MDA, Lomba Tahfiz Yassin antar Wirid Yassin se-Nagari Aua Kuniang,” Jelasnya.

Ia menambahkan selain kegiatan lomba dan pawai Obor , pada 1 muharam, selasa pagi (11/9) Nagari Aua Kuniang juga melaksanakan acara Tablik Akbar menyambut Tahun baru Islam 1440 H.

“Kegiatan serupa pawai obor sudah kita laksanakan dari tahun sebelumnya, dan kita berharap kegitan serupa pawai, lomba dan tablik akbar akan terus dilaksanakan tahun selanjutnya, jelas kegiatan ini terlaksana tak lepas dari dukungan semua pihak dan kerja keras para panita acara,” Ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan ketua panitia peringatan hari besar islam kenagarian Aua Kuniang Ustad Arman S.Pdi , ada sejumlah kegiatan yang dilaksanakan di Nagari Aua Kuniang dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1440 H diantaranya pawai obor yang diikuti oleh ribuan peserta.

“Kegiatan ini untuk memperingati tahun baru Umat Islam dan kegiatan seperti lomba Rabana, Tafiz Yasin dan Tablik Akbar di adakan adalah bentuk kecintaan kita terhadap tahun baru umat Islam,” Jelasnya.

Dalam pantau lansung newsumbar.com di lokasi acara, diperkirakan ada 3000-an peserta yang ikut serta meramai acara tersebut, terlihat banyaknya peserta sehingga jalan yang dilalu penuh dan panjangnya barisan peserta yang tumpah ruah. (@de).

loading...

Leave a Reply