Beranda Kabupaten Pasaman Barat Salurkan Bantuan, 480 PKH di Pasbar Terima Bantuan dari Kemensos

Salurkan Bantuan, 480 PKH di Pasbar Terima Bantuan dari Kemensos

25
0
BERBAGI

Pasbar | Newsumbar.com – Ketua TP. PKK Pasaman Barat (Pasbar) salurkan bantuan uang tunai sebesar Rp 240 juta kepada 480 orang warga miskin di Kecamatan Ranah Batahan , Pasbar, Selasa (24/7). Bantuan tersebut berasal dari Kementrian Sosial (Kemensos) melalui program Pendamping Keluarga Harapan (PKH).

Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Ketua TP. PKK Pasbar, Yunisra Syahiran didampingi Kepala Dinas Sosial Pasbar, Marwazi, Wali Nagari Batahan, Salamat Riadi dan Kordinator PKH Kecamatan Ranah Batahan, Febri di Aula Kantor Wali Nagari Batahan.

Dalam sambutannya, Yunisra Syahiran berharap kepada seluruh penerima bantuan atau basa disebut dalam istilah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk mempergunakan bantuan tersebut sesuai dengan yang diharapkan oleh Kemensos.

Dikatakan, bantuan yang bersifat Non Tunai tersebut diprioritaskan untuk menanggulangi kemiskinan ekstrim, biaya pendidikan anak dari KPM, untuk kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, pengurangan angka kematian bayi dan peningkatan kesehatan Ibu.

“Jangan sampai kita salah gunakan bantuan yang diperoleh. Manfaatkanlah sebaik-baiknya untuk hal-hal prioritas seperti untuk keperluan pendidikan anak dan sebagainya sesuai dengan yang diharapkan pemerintah,” himbau Yunisra.

Menurutnya, pemerintah pusat maupun daerah sangat gencar dalam program pengentasan kemiskinan. Namun dibalik itu semua, masyarakat yang berada dibawah garis kemiskinan harus terus berupaya dalam meningkatkan perekonomian keluarga guna mewujudkan keluarga sejahtera yang mandiri.

Lanjutnya, salah satu upaya yang dapat ditempuh adalah dengan memaksimalkan program Hatinya PKK, yakni dengan memanfaatkan lahan pekarangan dengan menanam tanaman bermanfaat untuk menambah pendapatan keluarga.

“Ibu-ibu rumah tangga harus tetap semangat. Jangan berpangku tangan. Mari bantu siaminya dalam mencukupi kebutuhan keluarga. Semoga kelak semua KPM sudah menjadi keluarga yang sejahtera dan mandiri,” harapnya.

Sementara, Kordinator Pendaping PKH Kecamatan Ranah Batahan, Febri menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Pasbar, baik itu dari pihak Dinas Sosial, pemerintah kecamatan hingga ke tingkat pemerintahan nagari yang selalu memfasilitasi seluruh kegiatan PKH di daerah setempat.

“Terima kasih kepada seluruh unsur pemerintahan di Pasbar yang telah memfasilitasi dan mendukung seluruh kegiatan PKH sehingga seluruh program dapat dilaksanakan dengan baik,” ungkap Febri. (Ay04/@de).

loading...

Leave a Reply