Beranda Kota Payakumbuh Ribuan Warga Lepas 296 JCH Payakumbuh ke Tanah Suci, Sekdako: Jaga Fisik...

Ribuan Warga Lepas 296 JCH Payakumbuh ke Tanah Suci, Sekdako: Jaga Fisik dan Kesehatan

68
0
BERBAGI

Payakumbuh, Newsumbar.com — Kamis (26/7) pagi, Walikota Payakumbuh melalui Sekretaris Daerah, Benni Warlis melepas 296 jamaah calon haji (JCH) asal Kota Payakumbuh menuju embarkasi Padang. Rombongan dilepas di Pelataran Parkir GOR Kubu Gadang, Kelurahan Tiakar Kecamatan Payakumbuh Timur.

Turut melepas, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh, Asra Faber, sejumlah Kepala OPD, Ketua IPHI, MUI, dan organisasi keagamaan lainnya. Turut melepas sanak keluarga JCH dan ribuan masyarakat Payakumbuh yang memadati lokasi pelepasan.

Dalam sambutannya, Sekdako, Benni Warlis mengucapkan selamat jalan kepada para JCH asal Kota Payakumbuh. Benni berpesan agar Jamaah fokus menjalankan ibadah tanpa harus memikirkan apa-apa yang ditinggalkan di kampung halaman.

“Selamat jalan wahai tamu tamu Allah. Berbahagialah, karena Bapak Ibu adalah orang-orang istimewa yang dipanggil tahun ini menjadi tamu Allah. Fokuslah beribadah, tinggalkan semua fikiran tentang kampung, kami ikhlas melepas bapak ibu semua,” ujar Benni.

Benni berpesan agar jamaah mempersiapkan fisik dan mental selama mengerjakan ibadah haji. Dipesankan agar jamaah memprioritaskan kondisi fisik untuk mendahulukan ibadah rukun dan wajib haji ketimbang ibadah sunat. Sebab JCH Kota Payakumbuh merupakan pemberangkatan gelombang satu dimana ke Kota Madinah dulu baru ke Mekkah.

“Persiapkan fisik dengan baik, prioritaskan ibadah wajib ketimbang yang sunat. Bapak ibu akannke Madinahbdulu. Disana banyak ibadah bersifat sunat, jangan terlalu diforsir. Atur fisik dengan baik agar ketika rukun dan wajib haji tiba, fisik masih kuat,” pesan Benni.

Benni juga berpesan agar para jamaah mendoakan keluarga dan masyarakat kota payakumbuh secara umum saat ditanah suci. Menurutnya, doa JCH disana akan lebih makbul.

“Kami doakan bapak ibu semua memperoleh haji yang mabrur. Jangan lupa doakan kami yang tinggal. Doakan juga kebaikan bagi Kota Payakumbuh, terutama pada tempat-tempat yang mustajab. Dengan mengucap Basmallah, atas nama Pemerintah Kota Payakumbuh kami lepas bapak ibuk,” pungkas Benni.

Prosesi pelepasan kemudian diiringi dengan teriakan takbir dan lantunan azan. JCH asal Kota Payakumbuh sendiri tergabung dalam Kelompok Terbang Sepuluh (Kloter X) Embarkasi Padang. Dijadwalkan jamaah akan bertolak menuju Madinah melalui Bandara Internasional Minangkabau (BIM) esok hari (Jumat, 27/7) tepat pada puku 06.00 WIB.(rel)

loading...

Leave a Reply