Beranda Advertorial Pendampingan Renstra dan IKU, Pemko Payakumbuh Gandeng Kemenpan RB

Pendampingan Renstra dan IKU, Pemko Payakumbuh Gandeng Kemenpan RB

35
0
BERBAGI
Pembukaan Acara Kegiatan Pendampingan Penyusunan RPJMD Kota Payakumbuh Bersama Kemenpan RB

Payakumbuh – Dalam rangka meningkatkan prestasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah serta menuju prediket nilai LAKIP BB, Pemerintah Kota Payakumbuh mengadakan kegiatan Pendampingan Penyusunan Rancangan RPJMD Tahun 2017-2022 dan Renstra Perangkat Daerah yang menghadirkan lansung Kepala Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kemeterian PAN -RB Gita Aurora sebagai Narasumber pada kegiatan tersebut.

“Pembuktian lompatan keberhasilan Pemko Payakumbuh memperoleh Nilai B atas Laporan kinerja Payakumbuh tahun 2016 dari nilai CC sejak tahun 2014-2015 terus memicu untuk meningkatkan akutabilitas kinerja pemerintahan Payakumbuh dengan target Nilai BB di tahun 2017 mendatang”, ungkap Kepala Bappeda Payakumbuh, Rida Ananda mewakili Walikota Payakumbuh sewaktu membuka acara pendampingan penyusunan Renstra OPD dan Indikator Kinerja Utama Pemerintah Daerah, di Aula Bappeda, Kamis (13/07/2017).

Pendampingan penyusunan IKU dan Renstra OPD ini bertujuan agar Renstra masing-masing OPD yang sedang disusun dapat selaras dengan RPJMD Payakumbuh 2017-2022. “Renstra yang tepat sasaran akan menjadi jawaban utama kinerja Pemerintahan yang akuntabel, karena Renstra yang baik itu 30% sudah menjawab LAKIP”, pungkas Rida Ananda.

Rida Ananda juga menyampaikan dalam sambutannya bahwa Pendampingan ini berlangsung selama 2 hari, 13-14 Juli 207 dan direncanakan untuk mendapatkan target BB, Pemko Payakumbuh wajib menampilkan paparan dari 20 OPD jajaran Pemko Payakumbuh yang berkinerja baik pada evaluasi kinerja tahun 2017 mendatang.

Pendampingan dari Kementerian PAN- RB yang dilaksananakn bertujuan agar seluruh OPD bisa lebih banyak lagi untuk berdiskusi dan menggali lebih dalam lagi hal-hal apa saja yang diperlukan untuk menyempurnakan RPJMD dan Renstra tersebut

Dalam kesempatan tersebut, Gita Aurora, SAP.MAP selaku Narasumber yang ditunjuk dari Kemenpan RB Jakarta juga merasa sangat optimis kalau Payakumbuh bisa meraih target tersebut.

“Laporan Kinerja Kota Payakumbuh sebelumnya telah meraih nilai B, biasanya pendampingan akan jauh lebih mudah untuk daerah yang berpijak dari Nilai B ini”, ungkap Gita disela-sela penyampaian materi yang disajikannya. (ay)

Leave a Reply