Beranda Hukrim Mulai Hari Ini, Polisi Gelar Operasi Zebra 2017, Kapolresta Payakumbuh Himbau Masyarakat...

Mulai Hari Ini, Polisi Gelar Operasi Zebra 2017, Kapolresta Payakumbuh Himbau Masyarakat Agar Perhatikan Alat Kelengkapan Kendaraan

136
0
BERBAGI

Newsumbar.com – Polisi lalu lintas se-Indonesia akan menggelar operasi lalu lintas bersandi Zebra atau Operasi Zebra. Operasi ini dilangsungkan sesuai agenda Korps Lalu Lintas Polri yakni selama 14 hari atau dua pekan, mulai Rabu (1/11/2017) hingga Selasa (14/11/2017).

Hal itu diungkapkan oleh Kapolres Payakumbuh, AKBP Kuswoto SIK, melalui Paur Humas Polres Payakumbuh, Aiptu Hendri Ahadi, Selasa (31/10). Menurutnya seluruh jajaran Polres Payakumbuh akan menggelar Operasi Zebra 2017 pemeriksaan kelengakapan alat serta surat kendaraan bermotor 14 hari berturut turut yang dimulai pada 1 November sudah 14 November 2017, paparnya.

Adapun kesalahan kendaraan yang akan ditilang diantaranya, kelengkapan surat surat kendaraan bermotor, melawan arus, pelat nomor tidak sesuai dengan aslinya, pengendara sepeda motor dan penumpang tidak menggunakan helm, melanggar lampu merah, melanggar marka jalan, serta menaiki motor lebih dari dua orang.

Untuk itu mewakili Jajaran Polres Payakumbuh, Aiptu Hendri Ahadi meminta kepada seluruh pengguna jalan raya, agar mematuhi segala peraturan berkendaraan dan berhati hati saat membawa kendaraan di jalan raya, pungkasnya.

Peraturan ini harus dicermati jika tak mau kena tindak pelanggaran (Tilang) ketika berkendara. Sebab, hingga saat ini tak sedikit pengguna jalan yang tak mengetahui aturan-aturan baru yang diberlakukan UU ini.

Bagi para pengendara roda empat atau lebih, coba pastikan kelengkapan berkendara Anda. UU Lalu Lintas No 22 Tahun 2009, dalam Pasal 57 Ayat (3) mensyaratkan, perlengkapan sekurang-kurangnya adalah sabuk keselamatan, ban cadangan, segitiga pengaman, dongkrak, pembuka roda, helm, dan rompi pemantul cahaya bagi pengemudi kendaraan bermotor roda empat/lebih yang tak memiliki rumah-rumah dan perlengkapan P3K.

Operasi ini diharapkan akan terbangun kesadaran atau disiplin berlalu lintas serta bisa menurunkan angka fatalitas kecelakaan lalu lintas di jalan raya, Ungkap Aiptu Hendri Ahadi mengakhiri. (ay)

Leave a Reply