Beranda Advertorial Miris dan Menyedihkan, Diangka 72 Tahun Kemerdekaan RI, Jalan Menuju Negeri Seribu...

Miris dan Menyedihkan, Diangka 72 Tahun Kemerdekaan RI, Jalan Menuju Negeri Seribu Menhir Masih Belum Tersentuh

85
0
BERBAGI

Limapuluh Kota – Miris dan menyedihkan kondisi jalan menuju jorong Nenan Nagari Maek Kecamatan Bukit Barisan Kabupaten Limapuluh Kota. Jika dalam kondisi basah ( hujan) jalan menuju jorong yang berada lebih kurang 9 KM dari negeri seribu menhir tersebut, sangat sulit untuk ditempuh.Hal ini disampaikan langsung oleh salah seorang mantan wali jorong Nenan Zainal, pada Juli lalu.

” Bila musim hujan, jalan ini bisa dikatan hidup, meskipun sampai saat kini belum terjamah oleh unsur bitumen ( bahan senyawa aspal). Keadaan jalanyang masih berupa tanah merah bercampur kuning tersebut, Kini semakin memprihatinkan,” ucap Zainal.

Kondisi jalan yang dipenuhi bebatuan serta tingkat resiko yang tinggi membuat para pengendara baik roda empat maupun roda dua, harus berhati-hati dalam melintasi medan yang begitu beratnya. Tak jarang banyak kendaraan yang terkubur hidup-hidup, sebelum menuju jorong Nenan, papar Zainal.

” Kami harus bekerja keras bersama-sama bila kendaraan mogok. Bahkan ada yang harus berhari-hari didalam rimba karena kendaraannya terpuruk disebabkan kondisi jalan,” ucap Zainal lagi.

Selaku mantan wali jorong Zainal, menginginkan agar jalan kekampung Nenan segera dibangun. Sungguh tak adil rasanya jika jalan menuju kampung kami ini, tak jua menemui titik terang.

” Kami merasa belum merdeka, Kami merasa kampung kami sebagai negeri yang terlupakan, makanya kami pernah datang ke DPRD Limapuluh Kota beberapa waktu lalu untuk menyampaikan aspirasi kami, namun sampai saat
kini belum terealisasi,” imbuh Zainal.

Sementara ada program memposisikan desa sebagai fokus utama pembangunan. Dimana Pemberian Dana Desa langsung dari APBN untukdikelola masyarakat desa. Selain itu Alokasi Dana Desa (ADD) yang besarannya sekian persen dari APBD kabupaten/kota. Namun mengapa sampai saat kini jalan menuju jorong Nenan belum tersentuh pembangunan, Imbuh Zainal lagi.

Mantan Wali Jorong ini juga menyampaikan, Di alam kemerdekaan ini, Kami hanya menginginkan bagaimana jorong Nenan setara dengan Jorong-joronglainnya yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota, khususnya pembangunan
infrasturktur jalan.

” Makanya kami minta kepada pemkab serta dinas terkait, Jorong Nenan merupakan bagian dari Kabupaten Limapuluh Kota, untuk itu tolong perhatikan juga infrastruktur jalannya, demi kesejahteraan masyarakat,”pungkas Zainal (rel/ben/ay)

Leave a Reply