Beranda Kabupaten Pasaman Barat Menjelang Idul Adha, Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan Pasbar Pantau Kesehatan...

Menjelang Idul Adha, Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan Pasbar Pantau Kesehatan Hewan Qurban

34
0
BERBAGI

Pasaman Barat, Newsumbar.com — Menjelang Idul Adha 1439 H mendatang, pihak Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan Kabupaten Pasaman Barat akan terus melakukan pengecekan di beberapa pasar ternak di wilayah setempat,(17/8).

Salah satu pengecekan di laksanakan di Pasar ternak Simpang Tigo yang berada di Kenagarian Koto Baru, Kecamatan Luhak Nan Duo.

Pengecekan dilakukan untuk mengetahui layak atau tidaknya hewan untuk disembelih.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan Kabupaten Pasaman Barat, Sukarli, S.Pt. M.Si melalui Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan drh. Doddy San Ismail. MM saat di temui awak media menyampaikan, pengecekan hewan dilakukan dikarenakan sebentar lagi akan memasuki pelaksanaan Idul Adha, jadi untuk memastikan hewan yang akan disembelih benar-benar dalam keadaan sehat dan tidak cacat.

“Ya, tentunya selain pasar tenak, kita juga lakukan pengecekan hewan ternak, seperti sapi dan kerbau di peternakan masyarakat dan penampung hewan”, ujarnya.

Dikatakannya, yang perlu diketahui adalah hewan yang dikurbankan harus dalam keadaan sehat, tidak cacat, serta sesuai menurut ketentuan agama, baik dari segi usia ataupun kriteria lainnya.

“Bagi masyarakat atau kelompok yang memiliki hewan qurban diharapkan untuk melakukan pemerikasakan hewan qurban atau ternaknya ke UPTD Puskeswan terdekat agar mengetahui kesehannya,” imbuhnya. (Ade)

loading...

Leave a Reply