Beranda Budaya Masjid Agung Pakan Sinayan Bakal Jadi Icon Baru Kota Payakumbuh

Masjid Agung Pakan Sinayan Bakal Jadi Icon Baru Kota Payakumbuh

306
0
BERBAGI

Payakumbuh, Newsumbar.com – “mandapek durian runtuah”, begitulah pepatah yang tepat di ungkapan untuk Kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh, semenjak dua tahun terakhir, banyak program pembangunan yang bersumber dari pusat, propinsi dan daerah yang dilaksanakan di kecamatan yang berpenduduk paling banyak di Kota Payakumbuh ini.

Mulai dari pembangunan Sistim Penyediaan Air Minum (SPAM), Pembangunan Stadion dan Sport Center di Kelurahan Tanjung Pauh, Normalisasi Batang Agam di Kelurahan Tanjunggadang Sungaipinago dan Pembangunan Mesjid Agung yang berlokasi Sawah Kareh Kelurahan Pakan Sinayan.

Loading...

“Semua program ini, bagi masyarakat Payakumbuh Barat adalah durian runtuh yang patut disyukuri,” Kata Camat Payakumbuh Barat, L. Kefrinasdi.

Untuk perencanaan pembangunan Masjid Agung yang berlokasi di Sawah Kareh, Kelurahan Pakan Sinayan Payakumbuh Barat, selain tempat beribadah dan islamic center, Masjid Agung tersebut nantinya juga diharapkan sebagai icon kebanggaan masyarakat Kota Payakumbuh

“Iya, saat ini sudah pembebasan lahan, Mohon dukungan dan doa dari masyarakat Kota Payakumbuh, agar perencanaan pembangunan masjid agung bisa terwujud sehingga menjadi kebanggaan dan icon Kota Payakumbuh, ujar Walikota Payakumbuh Riza Falepi melalui Kabag Kesra Ul Fahri. S.Sos. MM, Selasa (5/3)

Pembangunan Masjid Agung merupakan salah satu prioritas duet Walikota Riza Falepi dan Wakil Walikota Erwin Yunaz, sesuai dengan visi misi mewujudkan masyarakat yang berakhlak mulia dan berbudaya berdasarkan Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah”, Tambah Ul Fahri.

Prioritas Walikota tahun ini selesai pembebasan lahan dan dokumen perencanaan. Baru tahun besok mulai pembangunan secara bertahap karena menyedot anggaran cukup besar. Tidak dapat selesai dengan satu tahun anggaran saja tutur Ul Fakhri.

Ul Fakhri menilai, lokasi pembangunan masjid agung tersebut cukup strategis karena bisa diakses dari 3 tempat. Pertama, dari jalan Soekarno Hatta dekat orang jual drum dan galon bekas, kedua dari depan Ngalau tembus ke Balai Panjang, dan ketiga dari jalan normalisasi Batang Agam.

“Mari Doakan agar semuanya berjalan lancar. Kalau masjid ini selesai akan sangat luar biasa. Bisa jadi ikon juga bisa menggeliatkan perekonomian di Kota Payakumbuh. Kita pun bisa melaksanakan tablig akbar dan kegiatan keagamaan lainnya dengan masjid yang lebih representatif,” ucap Ul Fakhri.

Sementara itu, Toko Masyarakat Payakumbuh Barat yang juga merupakan Ketua KAN Koto Nan Ompek, Datuak Asa Dirajo menyampaikan terima kasihnya kepada pemerintah yang telah memberikan perhatian yang luas untuk Payakumbuh Barat.

“Dengan adanya pembangunan ini, tentu akan berdampak kepada pertumbuhan ekonomi di Kota Payakumbuh, oleh karena itu, KAN Koto Nan Ompek memberikan dukungan penuh dan berharap semua kegiatan yang berdampak positif ini terlaksana dengan lancar tampa ada ada hambatan dan kendala,” Kata Datuak Asa Dirajo. (Jnd)

loading...

Leave a Reply