Beranda Advertorial Luncurkan Program “Payakumbuh Takziyah”, Disdukcapil Jemput Pelayanan Lansung Ke Bawah

Luncurkan Program “Payakumbuh Takziyah”, Disdukcapil Jemput Pelayanan Lansung Ke Bawah

26
0
BERBAGI

Payakumbuh – Pengurursan dokumen kependudukan selalu menjadi hal yang penting dikalangan masyarakat, mulai dari dokumen pindah penduduk, akta kelahiran, akta kematian, akta perceraian, hingga perubahan data kependudukan lainnya. hal tersebut tentu memerlukan pelayanan yang prima dalam mewujudkannya.

Oleh karena itu, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) berupaya menyelesaikan semuanya dengan cepat, tepat dan sesuai dengan standard operasional (SOP) yang telah ditentukan.

“Bahkan untuk akta kematian, Disdukcapil, kini mampu memberi layanan one day service melalui program Payakumbuh Takziah kepada masyarakat. Program tersebut telah dilaksanakan dengan menerbitkan langsung dokumen akta kematian kepada masyarakat yang meninggal dunia,” sebut Yunida Fatwa kepala Disdukcapil Kota Payakumbuh kepada awak media menyampaikan, Sabtu (15/7).

Disdukcapil didampingi Camat Payakumbuh Barat, Nurdal telah bertakziah ke rumah duka Elidar Kaur Ekbang kelurahan Parak Batung di kediamannya kelurahan Tanah Mati, Rabu (12/7) lalu. Akta kematian tersebut langsung diserahkan Nurdal kepada ahli waris,” jelas Yunida.

Lebih Lanjut, Yunida Fatwa mengatakan,” Biasanya, pihak keluarga diminta ke Kelurahan untuk pengurusan Surat Keterangan Kematian dari yang meninggal. Kalau sekarang dengan adanya program Payakumbuh Takziah data orang meninggal dan telah sampai ke pusat bisa dihapus dengan cepat dan menerbitkan langsung akta kematiannya.,” imbuhnya.

“Karena kalau surat kematian dikeluarkan dari kelurahan saja, data yang bersangkutan masih tetap ada di pusat. Sehingga waktu masa pilkada atau pemilu akan memicu pameo masyarakat, warga yang meninggal hidup kembali,” jelas Yunida Fatwa.

Dengan menerbitkan akta kematian masyarakat yang sudah meninggal sekaligus untuk Akurasi Data Base kita di Disdukcapil dan mudah – mudahan apa yang telah diberikan bisa dimanfaatkan untuk pengurusan lebih lanjut bagi keperluan Almarhumah dan keluarga.

“Kita berharap, dengan adanya program ini bisa menjangkau semua kepentingan, apalagi bagi msyarakat yang ada di Kelurahan, Harap Yunida

Sementara itu, pihak keluarga Elida ketika dihubungi via selulernya, Sabtu (15/7) menyampaikan” atas nama keluarga, kami menyampaikan ucapan yang tak terhingga dan berterima kasih sekali atas program yang dilaksanakan Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Disdukcapil dan menyerahkan langsung Akta Kematian dari Camat Payakumbuh Barat Nurdal. Karena akta kematian ini sangat diperlukan lebih lanjut untuk pengurusan administrasi kepegawaian almarhumah,” pungkasnya (ay/pasbana.com)

Leave a Reply