Beranda Budaya Lima Niniak Mamak kalimo Suku Tanjung Haro Dikukuhkan

Lima Niniak Mamak kalimo Suku Tanjung Haro Dikukuhkan

204
0
BERBAGI

Newsumbar.com, – Limapuluh Kota, Hari ini lima niniak mamak kalimo suku Tanjung Haro dikukuh kan oleh Kerapatan Adat Nagari (KAN) Tanjung Haro Sikabu-Kabu Padang Panjang, Kecamatan Luhak, Kabupaten Lima Puluh Kota, bertempat di balai adat setempat.

Proses pengkuhan ini menjadi proses yang harus dilalui oleh niniak mamak yang berada di nagari Tanjung Haro Sikabu-Kabu Padang Panjang, kalau sudah melakukan prosesi adat ini, baru peresmian secara bersama – sama dinagari tersebut yang juga dikenal dengan alek nagari.

Debi Dt. Bagindo Said sebagai panitia sako menyampaikan , dari 48 niniak mamak di kalimo suku Tanjung haro, ada 5 orang yang yang sudah melengkapi persyaratan untuk dikukuh kan, adapun lima niniak mamak tersebut, Usdet Dt. Mangkuto Rajo pasukuan Piliang, Albermi Dt. Bagindo Nan Kuniang payobadar, Asmar Dt. Marajo Sati pasukuan bendang, Habibunas Dt. Bagindo Rajo pasukuan Bendang, dan Salman Dt.Paduko Mulia dari Pasukuan Piliang.

“Kami dari Panitia Pembangunan Sako sudah melakukan tahapan dari awal, kelima niniak mamak tersebut sudah melengkapi persyaratan admistrasi adat sesuai adat salingka nagari, dan Panitia dibentuk dari hasil musyawarah Ikatan Pemangku Adat (IPA) Kalimo suku Tanjung Haro beberapa waktu yang lalu”,ucap Debi Dt, Bagindo Said kepada Newsumbar, Minggu (25/03).

Kelima Niniak mamak tersebut lansung dikukuh kan oleh Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Yosrizal Dt. Parmato Alam, yang dihadiri oleh LKAM Kecamatan Luhak, Wali Nagari, Bamus, IPA, Niniak Mamak, Bundo Kanduang, Alim Ulama, tokoh masyarakat, dan pemuda -pemudi nagari setempat.

“Ya, kami sebagai KAN telah mengkukuhkan kelima niniak mamak tersebut, semoga mereka dapat menjalankan tugas dan fungsi sebagaimana mesti nya dan Ini adalah proses awal untuk kita mengadakan peresmian di nagari, kami dengan pemerintahan nagari merencanakan bulan November mendatang akan melaksanakan alek peresmian yang Insya Allah akan di ikuti 48 orang niniak mamak dari 128 niniak mamak yang ada di nagari”,ucap Yosrizal.(arya)

loading...

Leave a Reply