Beranda Kota Payakumbuh Liko SC Sukses Bantu Warga Kelurahan OTS Basmi Hama Tupai

Liko SC Sukses Bantu Warga Kelurahan OTS Basmi Hama Tupai

24
0
BERBAGI

Payakumbuh–Grup penembak tupai profesiaonal LIKO SC yang telah mendapatkan izin resmi dari pemkab 50 Kota ini diketuai Yuniwal selalu siap membantu warga luak limopuluah dalam pemberantasan hama tupai yang menggangu tanaman petani, secara Gratis dan Tampa Pamrih. Untuk Luak Limopuluah, hama tupai mengganas, memakan dan merusak buah kelapa dan kakao. Sehingganya hasil panen warga mengalami penurunan. Demikian juga halnya dengan warga Kelurahan Ompang Tanah Sirah (OTS). Kelurahan OTS merupakan gabungan kelurahan lama, yaitu Talawi, Balai Betung dan Tanjung Enau).

Perburuan hama tupai di Kelurahan OTS merupakan hasil kesepakatan antara LIKO SC dengan pemerintah kelurahan OTS pada tanggal 13 Oktober 2017 di Bofet Pergaulan Kota Payakumbuh, yang dihadiri langsung anggota DPRD dari Fraksi PAN, Chandra Setipon.

Sumbangsih Liko SC dalam pemberantasan hama tupai yang meresahkan masyarakat Kelurahan Ompang Tanah sirah Kec. Payakumbuh Utara sangat signifikan. Dalam perburuan hama tupai pagi ini Ahad (29/10) LIKO SC berhasil membasmi sebanyak 157 ekor tupai dan 1 ekor luwak (musang). Berkat kerjasama yang baik antara Liko SC dengan pemerintahan kelurahan, Liko SC gencarkan serangan perdananya terhadap hama tupai di kelurahan yang termasuk luas di Kota Payakumbuh ini.

Perburuan ini dilepas secara resmi anggota DPRD Kota Payakumbuh dari Fraksi PAN, Chandra Setipon yang sekaligus tokoh masyarakat Kelurahan OTS.

Sekitar pukul 06.00 pagi, setelah mengawali dengan doa bersama di Sekretariat Halaman Kantor Lurah OTS, LIKO SC lakukan pemburuan hama tupai yang dikoordinir langsung Yuniwal bersama Kabid Pemburu LIKO SC, Maizul Khatib. Perburuan yang melibatkan 27 personil yang dibagi menjadi 3 tim. Tim I melakukan perburuan di daerah Talawi, Tim II melakukan perburuan daerah Balai Betung. Sedangkan tim III melakukan perburuan di Tanjung Enau. Setiap tim ditunjuk satu orang sebagai koordinator lapangan. 

Dalam perburuan ini, LIKO SC juga dibantu seekor anjing bernama Doggy LIKO SC sebagai pelacak keberadaan tupai yang jatuh saat ditembak personil LIKO SC dan susah ditemukan manusia. Doggy merupakan anjing kecil yang sudah terlatih untuk menemukan tupai.

Tiga tim LIKO SC menyeruak ke dalam kebun kakao dan kebun kelapa milik petani. Untuk menghindari kecurigaan warga, tim tersebut didampingi tokoh masyarakat bersama ketua RT dan RW. Perburuan juga didampingilangsung Lurah OTS, Erizal yang hadir bersama Kasi Pem, Edi. Salah seorang anggota DPRD, Chandra Setipon yang sekaligus tokoh masyarakat OTS bersama Wahyu Uliadi Putra mendampingi Tim I di Talawi. Tupai yang mati langsung dikumpulkan dalam sebuah karung dan bahkan ada yang diikat lehernya sebagai barang bukti dan akan dipertontonkan kepada warga setelah perburuan selesai.

Menyisir dan bergerilya sekitar 2 jam di 3 titik perburuan yang terpisah, LIKO SC berhasil membasmi sebanyak 157 tupai dan 1 ekor luwak. Hasil perburuan ini tersebut dipertontonkan kepada di Objek Wisata Taman Bendungan Talawi Indah. Sumbangsih LIKO SC membasmi hama tupai mendapat apresiasi dari warga Kelurahan OTS. Seperti yang diungkapkan, H. Nur Huda warga Talawi.

“Terima kasih kepada rekan penembak tupai, selama ini kelapa dan kakao kami habis dan bolong-bolong oleh tupai. Semoga mendatang buahnya semakin lebat,” ucap Nur Huda.

Ungkapan senada juga disampaikan salah seorang tokoh masyarakat OTS, H. Nur Kautsar yang didampingi Pengurus Karang Taruna Karang Mutiara, Yuyun Nopi Prayogi.

“Kami sangat bahagia mendapatkan bantuan dari Liko SC dalam pemberantasan hama tupai didaerah kami. Kami sudah kapok terhadap hama ini, namun kami tidak tahu cara pembasmiannya. Alhamdulillah LIKO SC datang menembak hama ini. Terima kasih banyak, semoga jadi amal shaleh,” ucap Nur Kautsar.

Ungkapan senada juga disampaikan IRT dari Balai Betung, Us, ” Salamo ko karambia kami abih dek tupai. Tarimo kasih pak lah bantu kami maabihan tupai (selama ini kelapa kami habis karena tupai. Terima kasih Bapak telah bantu kami basmi tupai-red).

Menutup perburuan ini, Kepala Kelurahan OTS, Erizal mengucapkan terima kasih banyak atas bantuan LIKO SC.

“Silaturrahmi ini mesti kita tingkatkan dan lanjutkan keberadaan LIKO SC sangat kami rasakan. Kami juga minta maaf kalau ada hal yang kurang berkenan selama LIKO SC melakukan perburuan. Perburuan ini adalah permulaan dan akan kita gelar kembali sekitar Bulan Desember 2017 mendatang. Terima kasih banyak,” ungkap Erizal

Menyahuti sambutan Lurah OTS, Ketua LIKO SC diwakili Kabid Perburuan, Maizul Khatib juga menyampaikan hal yang sama.

” Kami dari LIKO SC juga menyampaikan terima kasih atas sambutan dan layanan ini. Kegiatan ini adalah perdana bagi LIKO SC untuk berburu tupai di wilayah hukum Kota Payakumbuh. Kami juga sampaikan maaf, apabila hasil buruan kami kurang maksimal. Insyaallah kita akan ulangi lagi, silahkan ajukan surat permohonan dari pihak pemerintahan kelurahan,” sahut Maizul Khatib.

Terkait pembasmian hama tupai di Kota Payakumbuh, Kadis Pertanian, Syahrir yang kami hubungi di selulur sangat apresiasi kegiatan menembak tupai yang berawal dari inisiatif masyarakat.

” Kami sangat bangga ada inisiatif masyatakat Kelurahan OTS dalam pemberantasan hama tupai yang meresahkan petani. Hingga saat ini belum ada insektisida yang efektif dalam membasmi tupai yang mempunyai indra penciuman yang cukup tajam dan dikenal cerdik. Salah satu langkah efektif pembasmiannya hanyalah ditembak. Dengan syarat peralatan dan pelakunya sudah mengantongi izin resmi. Terkait pembentukan regu penembak tupai di Kota payakumbuh, kita akan berusaha merangkul personil dan klub yang ada di Payakumbuh, dalam waktu dekat ini. Mari kita selalu berkoordinasi dalam meningkatkan kesejahteraan petani,” tukuk Syahrir

Dalam perburuan ini juga tampak dihadiri Benteng Shoothing Club (BSC) dari Kota Payakumbuh. Perburuan hari ini diakhiri dengan pengambilan dokumentasi dan makan bersama di Bendungan Talawi. (ul/Ay)

Leave a Reply