Beranda Kota Payakumbuh Laju Pertumbuhan Penduduk Cukup Tinggi, Walikota Minta PDAM Penuhi Akses Air Bersih...

Laju Pertumbuhan Penduduk Cukup Tinggi, Walikota Minta PDAM Penuhi Akses Air Bersih Buat Warga

44
0
BERBAGI

Payakumbuh, Newsumbar.com – Walikota Payakumbuh, Riza Falepi menargetkan peningkatan jumlah sambungan air bersih ke rumah-rumah warga Kota Payakumbuh. Menurutnya, setiap rumah tangga mesti memiliki akses memadai terhadap air bersih, khususnya dibawah pengelolaan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Payakumbuh.

“Pertumbuhan penduduk kita cukup tinggi. Konsekwensinya, kebutuhan air juga meningkat. Untuk itu saya telah perintahkan Dirut PDAM menambah jumlah sambungan air ke rumah-rumah warga yang membutuhkan,” ujar Riza Falepi saat dihubungi, Selasa (17/7).

Dikatakan, idealnya Kota Payakumbuh dengan jumlah penduduk sekitar 150 ribu jiwa,  memiliki sambungan air PDAM hingga 50 ribu sambungan. Meski demikian, riza menyadari bahwa PR besar dirinya adalah menyediakan sumber air baku yang mencukupi untuk memenuhi jumlah sambungan tersebut.

“Kita sedang berusaha menambah cadangan sumber air baku kita disamping sumber yang ada saat ini. Dengan target hingga 50 ribu sambungan tentu sumber yang ada saat tidak mencukupi. Untuk itu kita perlu menciptakan sumber-sumber baru,” terang Riza.

Ditambahkan, saat ini pihaknya melalui PDAM Kota Payakumbuh tengah berupaya menambah sumber air baku untuk Kota Payakumbuh. “Ada dua upaya yang sedang kita tempuh yaitu melalui pembangunan embung dan juga pengoperasian WTP (teknologi pemurnian air-red) untuk air Batang Agam,” tambah Walikota Riza.

Diharapkan, dengan upaya tersebut,  kebutuhan air bersih warga kota yang kian hari kian bertambah akan bisa terpenuhi.” Tahun ini kita fokus penyelesaian penambahan sumber air baku dan juga penambahan sambungan. Untuk jangka panjang, dua hingga tiga puluh tahun mendatang kita tidak lagi terkendala dengan masalah sumber air,” ujar Riza.

Terpisah, Direktur PDAM Kota Payakumbuh, Herry Iswahyudi mengaku siap memenuhi target jumlah sambungan rumah (SR) yang diminta Walikota. Menurutnya,  dengan penciptaan sumber air baku baru, maka target tersebut cukup realistis untuk dicapai.

“InsyaaAllah kita siap memenuhi target tersebut seiring dengan penciptaan sumber air baru. Semoga air PDAM nanti bisa dinikmati oleh warga hingga di pinggiran kota,” pungkas Herry. (Ay/TIM/rel)

Menurut data yang dilansir PDAM.  hingga pertengahan tahun 2018, jumlah pelanggan PDAM Kota Payakumbuh mencapai 27.450 SR. Sementara kapasitas produksi pada sumber air yang ada sebesar 328 liter/detik.(rel)

loading...

Leave a Reply