Beranda Kabupaten Limapuluh Kota Ketika Kursi Empuk Menggoda, Wartawan Adu Nasib Jadi Caleg…??

Ketika Kursi Empuk Menggoda, Wartawan Adu Nasib Jadi Caleg…??

154
0
BERBAGI
Foto internet

Newsumbar.com-Pesta Demokrasi Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden Yang akan digelar serentak Tahun depan, sudah mulai terasa, bahkan wajah – wajah baru dari berbagai kalangan sudah bermunculan, mulai dari Politisi, Pengusaha, mantan pejabat dan Para Awak media pun mulai muncul ke publik, bahkan sudah ada yang menyatakan siap untuk ikut bertarung dalam pemilihan yang akan dihelat April 2019 mendatang.

Aura pesta Demokrasi tersebut sudah mulai terasa Diberbagai sudut kota hingga kepedesaan, mulai dari pembagian kalender, pemasangan spanduk, baliho yang bergambarkan tokoh politik,  mantan pejabat dan  pengusaha, bahkan dimedia sosial pun sudah banyak yang mulai memperkenalkan diri untuk berkompetisi nantinya. Begitu juga dengan pihak penyelenggara, KPU dan Panwaslu sudah mulai sibuk melaksanakan tahapan dan proses untuk menghadapi pesta Demokrasi tersebut.

Bahkan ketika godaan kursi empuk itu menggoda, kalangan wartawan Luak Limopuluah kepincut untuk alih profesi mengadu nasib untuk menjadi caleg di dapilnya masing masing. Faktanya mulai muncul nama – nama yang akan ikut berkompetisi nantinya, ada beberapa yang sudah bergabung dengan Partai Politik ( Parpol) untuk berkontribusi di pesta demokrasi tersebut, di antara nya para “kuli tinta” dari Luak Limopuluah, mulai dari media cetak,  online dan Web TV Online yang secara terang-terangan menyatakan akan mencalonkan diri pada Pileg 2019 mendatang. Setidaknya, ada 7 wartawaan yang sudah menyatakan sikap akan maju nantinya.  Diantaranya, Nailul Badri, Syamsir Wandi, Taufik, Rotman Ucok Silitongan, Anton Surya Roza,Syaiful Hadi dan  Aspon Dedi.

Nailul Badri  merupakan wartawan disalah satu media online di Sumatra Barat, sekaligus Koordinator Wilayah Payakumbuh di media tempatnya bekerja. Selain wartawan, anggota PWI Luak Limopuluah, beliau juga terdaftar sebagai kader Partai Amanat Nasional ( PAN) Kota Payakumbuh dengan jabatan Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAN), Kecamatan Payakumbuh Timur. Pria yang akrab di sapa Oyon itu, sekarang menetap di Kelurahan  Koto Baru, Kecamatan Payakumbuh Timur.

“Benar, Saya ketua PAC Payakumbuh Timur, Insya Allah kalau diberikan kepercayaan oleh partai, saya akan siap untuk mencalonkan diri utuk pileq 2019 sebagai anggota DPRD Kota Payakumbuh periode 2019-2014, dari Dapil Payakumbuh III (Kecamatan Payakumbuh Selatan dan Payakumbuh Timur). Saya mohon doa dan dukungan dari rekan-rekan semua,”ucap Oyon.

Syamsir Wandi, wartawan salah satu media web tv online (Liputan Sumbar. Com), juga sudah bertekad maju dari daerah pemilihan    (Dapil) Payakumbuh Barat pada Pileg nantinya. Pria yang akrab di panggil Wandi ini juga terdaftar sebagai wakil sekretaris Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Payakumbuh,  yang menetap di Kelurahan Sungai Pinago, Kecamatan Payakumbuh Barat.

“Insya Allah saya siap, karena Untuk memberikan kontribusi kepada daerah, tentu kita harus masuk kedalam sistim, maka dari situ kita bisa berbuat lebih untuk masyarakat, karna profesi saya sebagai jurnalis tentu kita banyak belajar dari situasi yang ada dilapangan, saya juga mohon doa dan suport dari masyarakat dan kawan – kawan media.”terang Syamsir Wandi.
Pria 48 tahun yang tengah menyelesaikan study Strata 1 jurusan hukum ini, jauh-jauh hari sudah bergerak ke tengah-tengah masyarakat dalam konsolidasi menjelang Pileg 2019 nanti.

Hal yang sama juga di sampaikan oleh, Taufik B.Ac. Wartawan media cetak mingguan Sumbar Post ini, juga menyatakan kesiapan nya untuk berkompetesi di pileq mendatang , melalui Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), untuk DPRD Kota Payakumbuh. “Insya Allah saya siap maju, kerana menjadi anggota dewan itu sebuah pengabdian untuk masyarakat, ”terang Taufik.

Dikatakan owner rumah makan Karabu Baluik Siit Padang Tinggi ini, dirinya bukan pertama kali untuk mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Kota Payakumbuh. Pria beralamat di Kelurahan Padang Tinggi Piliang, Kecamatan Payakumbuh Barat tersebut pernah mencoba mencalonkan diri pada Pileg 2014 lalu.

 

Rotman Ucok Silitonga, salah satu Wartawan media online yang juga terdaftar sebagai salah satu pengurus partai politik (Parpol), Yaitu Ketua OKK DPC Partai Gerindra Kabupaten Limapuluh Kota.  Tak hanya tu saja, Ucok juga aktif di berbagai LSM yang bergerak pada bidang hukum secara lokal dan nasional.

Rotman Ucok Silitongan akan mencalonkan diri untuk anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kota dari Daerah Pemilihan (Dapil) III, meliputi Kecamatan Lareh Sago Halaban, Kecamatan Luak dan Situjuah Limo Nagari.

“Insya Allah saya akan maju di pileq nanti, tentu kita tunggu proses di partai dulu, saya akan maju dari dapil III, karena saya menetap di Nagari Batu Payuang, Kecamatan Lareh Sago Halaban,”kata Ucok.

Sementara, wartawan Luak Limopuluah lainnya, yakni Anton Surya Roza akan maju untuk DPRD Kabupaten Tanah Datar. Pria yang akrab disana ‘Anton Cino’ ini, mencalonkan diri di Daerah Pemilihan Tanah Datar II meliputi Kecamatan Sungai Tarab, Sungayang, Salin Pauang dan  Tanjuang Baru melalui Partai Gerindra.

Diakui Wakil Ketua DPC Partai Gerindra Kota Payakumbuh ini, dirinya sudah pernah 3 kali mencoba untuk mencalonkan diri sebagai anggota legislatif. Selama ini, Anton Surya Roza adalah Pimpinan Redaksi dan dewan redaksi di media cetak serta  online  di Sumbar.

Pernyataan yang sama, juga dikatakan wartawan lainnya. Yaitu Syaiful Hadi wartawan media cetak mingguan Wawasan. Pria yang akrab disapa ‘Pak Datuak’ ini maju sebagai anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kota Daerah Pemilihan Limapuluh Kota IV (Kecamatan Akabiluru, Guguak dan Mungka) melalui Partai Nasdem.

Selain jabatan sebagai Wakil Pimpinan Perusahaan Media Wawasan , Syaiful Hadi adalah Ketua Pakar DPC Akabiluru Partai Nasdem. “Insya Allah saya siap untuk mengemban amanah dari masyarakat, Saya tinggal di Nagari Sariak Laweh dan aktif di Kecamatan Akabiluru. Saya juga Sekretaris KAN Sariak Laweh, saya mohon doa dan dukungan dari masyarakt dan kawan-kawan media. “ucap Syaiful.

Aspon Dedi, Putra Koto Nan Gadang, Kota Payakumbuh, yang juga terdaftar sebagai salah satu pengurus di Partai Gerindra Kabupaten limapuluh Kota, berencana akan maju untuk DPRD Provinsi Sumbar melalui Partai Gerindra. “ya, saya akan maju, Insya Allah untuk DPRD Provinsi, saya juga Mohon doa dan dukungan dari masyarakat luak Limopuluah.”ucap Popon.

Selain sebagai wartawan, Aspon Dedi  juga aktif diberbagai organisasi masyarakat dan dikenal memiliki jaringan yang kuat  dari daerah sampai ke pusat. (ARYA)

loading...

Leave a Reply