Beranda Kota Payakumbuh Henny Riza Falepi: Kader Posyandu Garda Terdepan Pelayanan Kesehatan

Henny Riza Falepi: Kader Posyandu Garda Terdepan Pelayanan Kesehatan

8
0
BERBAGI

Payakumbuh, Newsumbar.com – Siapa tak kenal dengan Posyandu atau Pos Pelayanan Terpadu. Program yang pertama kali dicanangkan tahun 1986 oleh Presiden RI kala itu,  Soeharto hingga kini masih eksis. Ia konsen dengan masalah menjaga kesehatan masyarakat, terutama kesehatan ibu dan balita.

Pemerintah Kota Payakumbuh turut memelihara keberlangsungan program Posyandu. Salah satu kiatnya dengan mengadakan lomba Posyandu terbaik tingkat Kota Payakumbuh.

Loading...

Seperti Senin (11/3), Pemko mengadakan penilaian lapangan lomba Posyandu tingkat Kota Payakumbuh. Ada 3 (tiga) Posyandu dari 3 (tiga) kelurahan di Kota Payakumbuh yang masuk dalam nominasi Posyandu terbaik tahun ini.

Mereka adalah Posyandu Seroja Kelurahan Payobasung Kecamatan Payakumbuh Timur, Posyandu Dahlia Kelurahan Sawahpadang Aurkuning Kecamatan Payakumbuh Selatan dan Posyandu Dahlia Kelurahan Parambahan Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina).

Dalam pembukaan penilaian di Posyandu Seroja Kelurahan Payobasung, Ketua TP PKK Kota, Ny.Henny Riza Falepi mengatakan lomba Posyandu terbaik sengaja diangkatkan untuk meningkatkan kepedulian seluruh lapisan masyarakat terhadap Posyandu.

“Posyandu ini penting, sebagai wahana memantau, menjaga dan memelihara kesehatan masyarakat. Para kader Posyandu adalah orang-orang yang berada digaris terdepan dalam mewujudkan masyarakat sehat,” ujar Ny. Henny Riza.

Henny berharap, kegiatan Posyandu bisa optimal dan terintegrasi. Henny meminta semua yang terlibat di Posyandu benar-benar fokus dalam pemantauan kesehatan masyarakat.

“Kita ingin gizi ibu hamil dan balita kita semuanya terpantau dengan baik. TP PKK pusat juga menekankan pentingnya memantau 1000 hari pertama kehidupan. Maka, disinilah peran kader Posyandu betul-betul dibutuhkan,” tukas Henny.

Dikatakan, lomba Posyandu terbaik sasaran utamanya bukan mencari menang atau kalah, akan tetapi lebih kepada aspek pembinaan agar seluruh Posyandu di Kota Payakumbuh bisa menjalankan tugas dan fungsinya secara baik.

“Inti lomba adalah pembinaan agar Posyandu kedepan lebih baik. Kalaupun menang itu adalah bonus dan penyemangat untuk kedepan lebih baik lagi,” pungkas Henny.

Ditemui ditempat yang sama, Camat Payakumbuh Timur Ahmad Arifianto mengatakan sangat menyambut baik kegiatan lomba Posyandu yang diadakan tersebut. Ia berharap Posyandu Seroja Kelurahan Payobasung dapat memperoleh hasil terbaik.

“Kami mohon bimbingannya bagaimana Posyandu Seroja ini menjadi lebih baik kedepannya” ujar Ahmad Arifianto dihadapan Tim Penilai Lomba Posyandu.

Adapun tim penilai, disamping Ketua TP PKK Kota, juga melibatkan unsur Dinas Kesehatan dan Dinas P3A&P2KB. Turut hadir Ketua GOW Kota, Ny.Machdalena Erwin Yunaz, Lurah Payobasung, Wengki beserta pengurus dan kader Posyandu Kelurahan Payobasung. (jnd/humas)

loading...

Leave a Reply