Beranda Kabupaten Agam Gelar Sertifikasi dan Uji Kompetensi Bagi Tenaga Kerja, Gapensi Payakumbuh Libatkan 5...

Gelar Sertifikasi dan Uji Kompetensi Bagi Tenaga Kerja, Gapensi Payakumbuh Libatkan 5 Kab/Kota Tetangga

52
0
BERBAGI

Payakumbuh, Newsumbar.com – Menindaklajuti Undang-undang Nomor 2 Tahun 2017 Tentang Jasa Kontruksi, Badan Pimpinan Cabang (BPC) Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Kota Payakumbuh bekerjasama dengan Balai Jasa Kontruksi Wilayah I Banda Aceh menggelar acara Sertifikasi/Uji Kompetensi Tenaga Kerja Kontruksi.

Kegiatan yang berlangsung di Aula BIB Tuah Sakato Provinsi Sumatera Barat, Sawah Padang Kota Payakumbuh, Kamis ( 29/7), dibuka oleh Walikota Payakumbuh yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang SDM Ruslayeti.

Mengangkat tema “Tenaga Kerja Berkompetensi, Negara Kuat, Rakyat Sejahtera” Gapensi Kota Payakumbuh yang berkordinasi dengan Balai Jasa Kontruksi Wilayah I Banda Aceh melibatkan Ketua Asosiasi Jasa Kontruksi 5  Daerah yang ada di Sumatera Barat. Kelima daerah tersebut antara lain, Kota Payakumbuh, Limapuluh Kota, Bukittinggi, Tanah Datar dan Kabupaten Agam.

Dalam laporannya, yang disampaikan oleh ketua pelaksana acara, Novanto Yudistira menjelaskan, gelar acara merupakan tindaklanjut dari amanat Undang-undang Nomor 2 Tahun 2017 Tentang Jasa Konstruksi, dimana, setiap badan usaha diwajibkan untuk mensertifikasikan tenaga kerjannya dan jika itu dilanggar tentu ada sangsi tegas yang akan diterima.

Selain itu, Novanto juga menambahkan, bentuk kerjasama ini terselenggara atas kerja sama Gapensi Kota Payakumbuh bersama Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh dengan jumlah peserta lebih kurang 150 orang, Ucap Novanto.

Sementara itu, Ketua BPC Gapensi Kota Payakumbuh Amdoni dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan di gelarnya kegiatan sertifikasi/uji kompetensi ini dalam rangka usaha pengembangan kapasitas tenaga kerja, khususnya di bidang jasa kontruksi yang nantinya akan mampu bersaing dan berdaya guna dalam menghadapi tantangan di masa datang yang lebih ketat.

Lebih jauh Amdoni juga memaparkan, dengan adanya kegiatan besar ini, harapan kami,  Perusahaan yang mengirimkan tenaga kerjanya di 5 Kab/Kota untuk ikut dalam uji kompetensi dapat menghadapi persaingan di bidang jasa  kontruksi, baik didalam negeri maupun di luar negeri.

Kami juga mengucapkan terimakasih sebesar- besarnya kepada Balai Jasa Kontruksi Wilayah I Banda Aceh yang telah memfasilitasi hingga terlaksana kegiatan ini dan juga berterimakasih kepada semua yang ikut terlibat membantu terlaksananya kegiatan Uji Kompetensi ini,” Imbuh Amdoni.

Kepala Jasa Kontruksi Wilayah I Banda Aceh Denny Suriansyah menyampaikan kegiatan ini untuk meningkatkan kompetensi para pekerja jasa  kontruksi serta memberikan kenyamanan, perlindungan keselamatan untuk para pekerja.

Harapan kedepannya  dengan adanya sertifikasi ini  para pekerja bisa lebih profesional, ucap Denny.

Hadir pada acara serifikasi/uji kompetensi tenaga kontruksi ini di antaranya, Ketua LPJK Provinsi Sumatera Barat, Sekretaris Umum BPD Gapensi Sumbar, H. Jhonrizal, Kepala Dinas PUPR 5 kab/kota, Ketua Asosiasi Jasa Kontruksi di 5 Kab/Kota,  Kepala bidang dan Kepala Bagian di lingkungan setdako Payakumbuh, Pimpinan Mitra – mitra BPC Gapensi Kota Payakumbuh, Pimpinan Badan Usaha di 5 Kab/Kota serta para tamu undangan. (Ay/TIM)

loading...

Leave a Reply