Beranda Kota Payakumbuh FORIKAN Payakumbuh Siap Wakili Sumbar Menuju Pentas Nasional

FORIKAN Payakumbuh Siap Wakili Sumbar Menuju Pentas Nasional

38
0
BERBAGI

Payakumbuh, Newsumbar.com – Warga Kelurahan Tanjung padati Kantor Lurah untuk menyambut Tim Penilai Forikan Provinsi Sumatera Barat yang dipimpin langsung Hj. Nevi Zuarina Irwan Prayitno didampingi Wakil Ketua Forikan Kota Payakumbuh, Magdalena Erwin Yunaz bersama Kabid Perikanan Betri Yeti. Penyambutan tim penilai dilaksanakan sekitar pukul 10.30 siang dengan Tari Pasambahan dan dirangkai dengan penampilan lambaian bendera bergambar ikan oleh siswa PAUD Dharma Bhakti PKK keluarahan ini.

Penyambutan pada Rabu (04/04/2018) tampak dihadiri Camat Payakumbuh Barat didampingi Lurah Tanjung Pauh, Andarizal bersama Ketua LPM Muhammad Abrar dan tokoh masyarakat setempat. Juga tampak para bundo kanduang membawa penganan berbagai bentuk yang terbuat dari olahan ikan.

Dalam laporannya, Ketua LPM Kelurahan Tanjung Pauh Muhammad Abrar menyebutkan bahwa pertanian dan perikanan adalah salah satu profesi mayoritas di kelurahan Tanjung Pauh.

“Setidaknya ada 17 pengusaha perikanan yang dikelola di kelurahan ini dengan binaan forikan kelurahan, kecamatan dan tingkat Kota Payakumbuh. Dari usaha tersebut memanfaatkan tenaga pekerja yang berasal dari warga pribumi sendiri.

Mayoritas perikanan yang dikembangkan di kelurahan ini mayoritas peternakan dan budi daya lele dan nila yang memanfaatkan kolam warga. Dari usaha perikanan tersebut dinilai mantap untuk meningkatkan kesejateraan keluarga. Termasuk kolam milik mesjid yang dikelola warga, yang pastinya juga menambah kas mesjid kita. Kreatifitas warga disini dalam mengolah ikan menjadi penganan dan kuliner juga tidak diragukan lagi, seperti yang Bapak Ibu lihat sendiri,” lapor Ketua LPM yang juga sebagai pengusaha ikan di kelurahan ini.

Sementara itu Wakil Ketua Forikan Kota Payakumbuh, Magdalena Erwin Yunaz dalam sambutannya menyampaikan salam maaf dari Ketua Forikan Kota Payakumbuh.

Permintaan maaf dari Ketua Forikan Kota Payakumbuh kepada kita semua, karena pada hari bersamaan sedang dinas di luar kota. Secara berjenjang dinas pertanian melalui bidang perikanan telah melakukan berbagai pembinaan. Dengan koordinasi yang baik dan semangat kebersamaan forikan kelurahan Tanjung Pauh siap mewakili Payakumbuh untuk lomba ini.

“Hasil kinerja forikan kelurahan Tanjung Pauh menurut penilaian kami, sudah layak tampil mewakili Sumatera Barat ke tingkat nasional. Inilah Kelurahan Tanjung Pauh yang merupakan wakil Kota Payakumbuh dalam Lomba Kinerja Forikan kelurahan untuk tingkat Provinsi Sumatera Barat. Kalau tidak Juara II, ya Juara I kita juga siap,” harap Magdalena Erwin Yunaz.

Walau cuaca hujan warnai Kota Payakumbuh siang itu, namun Ketua Forikan Provinsi Sumatera Barat Hj. Nevi Zuarina Irwan Prayitno yang juga selaku Ketua Tim Penilai mengucapkan rasa bangganya dengan kreatifitas bundo kanduang dalam pengolahan ikan.

Kami sangat bangga dengan para ibu-ibu yang sangat kreatif, termasuk dengan mars forikan yang diciptakan sendiri dengan iringan musik qasidahnya. Kreatifitas ini mesti terus dipupuk, terutama bagi pengurus forikan kelurahan sehingga kinerjanya semakin baik dan memberi manfaat besar bagi masyarakat. Pada dasarnya lomba kinerja forikan kelurahan ini bertujuan bagaimana program gemar makan ikan dan pengembangan perikanan dapat berjalan maksimal. Sehingga pertumbuhan kesejahteraan masyarakat dapat dibantu dengan program ini.

“Yang namanya lomba adalah wadah memotivasi, intinya adalah bagaimana kegiatan yang sudah baik ini dapat terus berjalan. Dengan kinerja forikan kelurahan yang baik ini, kami yakin Payakumbuh akan tampil sebagai pemenang,” sebut Nevi Irwan Prayitno.

Lurah Tanjung Pauh, Andarizal menerangkan usai prosesi penyambutan, ” persiapan penyambutan telah kita gelar sekitar seminggu lalu. Adapun program forikan ini sudah lama kita terapkan di kelurahan kita ini. Selesai prosesi penyambutan, kegiatan dilanjutkan dengan shalat Dzuhur dan makan siang bersama serta dilanjutkan dengan pelaksanaan penillaian,” pungkas lurah. (Ay/TIM)

loading...

Leave a Reply