Beranda Kabupaten Pasaman Barat Disaksikan oleh Ketua Dekranasda Propinsi, Dekranasda dan P2TP2A Pasaman Barat Resmi di...

Disaksikan oleh Ketua Dekranasda Propinsi, Dekranasda dan P2TP2A Pasaman Barat Resmi di Kukuhkan

34
0
BERBAGI
Pengukuhan Dekranasda dan P2TP2A Pasaman Barat

Pasaman Barat – Dua lembaga organisasi yang diketuai oleh Ny. Yun Syahiran resmi dikukuhkan kemarin (12/7), di aula kantor bupati setempat. Yakni pengukuhan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Pasaman Barat periode 2016-2021 dan pengukuhan pengurus Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) periode 2016-2021.

Pengukuhan disaksikan langsung oleh Ketua Dekranasda dan Ketua P2TP2A Provinsi Sumatera Barat Ny. Nevi Irwan Prayitno. Nevi Irwan Prayitno menyampaikan, dua organisasi tersebut yakni Dekranasda dan P2TP2A sudah hadir di Pasaman Barat. Dengan begitu, semangat ketua dan anggota yang telah dikukuhkan tersebut diharapkan bisa bekerja dengan maksimal. Karena banyak peluang dan kesempatan yang bisa dilakukan jika ada keinginan. “Sesuai dengan aturan ketua Dekranasda dan P2TP2A itu pimpinan kepala daerah. Berpotensi besar dalam menjalankan misi sosial, kemanusian dan ekonomi,”terang Nevi Irwan Prayitno. Ia menambahkan, tugas kedua lembaga harus dijalankan dengan maksimal.

Dekranasda yang menaungi kerajinan harus bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Promosi tidak bisa ditinggalkan seperti penggunaan kerajinan dari Sumbar sendiri, seperti di Sulaman Silungkang, dan sulaman benang emas yang ada di Pasbar. “Begitu juga dengan P2TP2A, kekerasan yang terus meningkat membutuhkan konsentrasi penuh dan kerjasama dari kita semua. Korban kekerasan pada umumnya adalah kaum perempuan,”urai Nevi. Sementara itu, Ketua Dekranasda dan P2TP2A Pasbar Ny. Yun Syahiran menyampaikan dengan terus meningkatnya kasus kekerasan di Pasbar, maka kehadiran P2TP2A mampu menekan itu semua.

“Di tahun 2016 lalu kasus kekerasan di Pasbar mencapai 26 kasus. Di tahun 2017 yang sedang berjalan ini saja kasus kekerasan sudah terjadi sebanyak 27 kasus,”katanya. Untuk itu, diperlukan SDM yang mumpuni dalam mewujudkan tujuan P2TP2A tersebut. “Terkait dengan Dekranasda, kita Pasbar memang belum semaju kabupaten dan kota lain. Namun kita bertekad mengejar ketertinggalan kita itu. Kita akan promosikan apa yang ada di Pasbar, baik berupa Industri Kecil Menengah (IKM) maupun UKM,”kata Yun Syahiran.

Wakil Bupati Pasbar Yulianto mengatakan, dalam pelaksanaan program kerja Dekranasda ini dilakukan secara bersama-sama dengan dinas koperasi dan UKM melalui koordinasi dan konsultasi. “Dua lembaga ini memang bertujuan yang berbeda. Tetapi membutuhkan semangat yang sama. Dekranasda diharapkan mampu mengangkat Industri Kerajinan Rumah Tangga (IKRT) dan Industri Kecil Menengah (IKM) . Sedangkan P2TP2A diharapkan mampu melindungi perempuan dan anak korban kekerasan,” tandas Yulianto mengakhiri. (ay/humas kominfo pasbar)

Leave a Reply