Beranda Kota Payakumbuh Dinilai Bertabur Prestasi, PKK Kota Binjai Studi Banding ke Payakumbuh.

Dinilai Bertabur Prestasi, PKK Kota Binjai Studi Banding ke Payakumbuh.

19
0
BERBAGI

Payakumbuh, Tim Penggerak PKK Kota Payakumbuh mendapat kunjungan Studi Banding dari Tim Penggerak PKK Kota Binjai Propinsi Sumatera Utara. Rombongan diterima di Aula Kantor PKK Kota Payakumbuh, Kelurahan Sawahpadang Aurkuning Kecamatan Payakumbuh Selatan pada Jumat (23/3) pagi.

Rombongan Studi Banding Kota Binjai langsung dipimpin Ketua TP PKK mereka, Ny. Lisa Andriani Lubis Idaham didampingi Wakil Ketua, Hj. Nani Susilawati Timbas, Kepala Dinas BP4M Medi Yusri, beserta seluruh pengurus TP PKK Kota Binjai.
Rombongan disambut langsung oleh Ketua TP PKK Kota Payakumbuh, Ny. Henny Riza Falepi, didampingi Ketua GOW, Ny. Magdalena Erwin Yunaz. Turut mendampingi Kepala Dinas P3A&P2KB, Syahnadel Khairi, beserta beberapa kepala OPD dan pengurus TP PKK Kota Payakumbuh.

Ketua TP PKK Kota Binjai, Ny. Lisa Andriani Lubis Idaham menyatakan bahwa pihaknya sengaja melakukan studi banding ke Kota Payakumbuh karena TP PKK Kota Payakumbuh telah banyak meraih prestasi ditingkat nasional.

“Kami baca dan dengar PKK Kota Payakumbuh banyak meraih penghargaan ditingkat nasional termasuk penghargaan tentang sistem informasi manajemen (SIM) PKK, kami ingin belajar tentang SIM PKK tersebut ke Kota Payakumbuh,” ujar Ny. Lisa Idaham diawal sambutannya.

Dikatakan, SIM PKK merupakan ciri dari pengelolaan PKK yang sudah maju dengan memanfaatkan kemajuan dunia teknologi dan informatika.

“Saya bilang ke Pak Wali dan kepala-kepala dinas, Kota Binjai sudah lama menerapkan Smart City, para ibu-ibu dan anggota keluarganya juga harus dicerdaskan juga melalui PKK. Ibu yang cerdas akan bisa membantu mewujudkan keluarga yang sehat dan sejahtera,” ujarnya.

Ketua TP PKK Kota Payakumbuh menyambut baik kedatangan rombongan study banding dari TP PKK Kota Binjai. Dalam sambutannya, Ny. Henny Riza Falepi menyatakan meski PKK Kota Payakumbuh telah banyak meraih prestasi, tetapi berbagai kekurangan masih banyak yang perlu dibenahi dalam rangka mewujudkan keluarga yang sejahtera.

“Dalam hal penerapan SIM PKK, tahun 2016 silam kita memang meraih penghargaan Pataka Madya II bidang Administrasi PKK, kita juga peraih Pataka Madya II bidang KB Kes 2017, tapi tetap masih banyak yang harus kita benahi, karena persoalan SIM PKK ini sendiri ditingkat PKK Pusat kami dengar juga belum optimal,” terang Ny. Henny Riza Falepi.

Dijelaskan, TP PKK Kota Payakumbuh terus menyempurnakan penerapan SIM PKK diseluruh PKK Kelurahan yang ada di Kota Payakumbuh.

“Karena saya adalah dosen bidang IT, saya punya tanggung jawab moral bagaimana SIM PKK yang berbasis IT ini bisa hadir di seluruh kelurahan yang ada di Kota Payakumbuh,” ujar Dosen ITB ini.

Dikatakan, jika seluruh kelurahan sudah menerapkan SIM PKK berbasis IT dengan ketersediaan data yang lengkap, maka banyak kemudahan yang akan diperoleh oleh pemerintah dan masyarakat.

“Kalau SIM PKK sudah beres, maka Pak Walikota dan pimpinan OPD kalau cari data bisa didapatkan disana,” pungkas Ny. Henny.

Kegiatan Study Banding diakhiri dengan pertukaran cinderamata dari kedua belah pihak dan dilanjutkan dengan kunjungan lapangan ke Kelurahan Tiakar sebagai peraih Pakati Madya II bidang Administrasi PKK dan Kelurahan Payobasung sebagai peraih Pataka Madya II bidang KB Kes tingkat nasional. (TIM/Ay)

loading...

Leave a Reply