Beranda Budaya Didatangi Ibu Gubernur, Fasra Entika Berpeluang Jadi kader Posyandu Terbaik

Didatangi Ibu Gubernur, Fasra Entika Berpeluang Jadi kader Posyandu Terbaik

107
0
BERBAGI

Payakumbuh, Newsumbar.com – Rabu (25/7), Vasra Entika, Kader Posyandu Kemuning Kelurahan Tanjung Pauh Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh didatangi oleh ketua Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Sumatera Barat, Ny. Nevi Zuairina Irwan Prayitno. Kedatangan Istri Gubernur Sumatera Barat tersebut dalam rangka penilaian lomba Kader Posyandu Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat. Acara berlangsung di halaman Kantor Lurah Tanjung Pauh.

Rombongan disambut langsung oleh Ketua TP PKK Kota Payakumbuh, Ny. Henny Yusnita Riza Falepi bersama Kadis DP3A & P2KB, Syahnadel Khairi mewakili Walikota Payakumbuh. Turut menyambut, sejumlah pejabat OPD, Camat, Lurah, LPM, PKK, Ketua KAN Koto Nan IV, Tokoh Masyarakat, Bundo Kanduang dan masyarakat Kelurahan Tanjung Pauh.

Kedatangan Ny. Nevi Zuairina bersama tim untuk memastikan sekaligus mengecek kebenaran data pelaksanaan Posyandu Kemuning yang telah diekspose oleh Fasra Entika dihadapan tim penilai pada awal Bulan Mei lalu di Padang.

“Kita turun hari ini ke Payakumbuh untuk melihat langsung kegiatan Posyandu Kemuning yang berhasil masuk nominasi 5 besar lomba Kader Posyandu Berprestasi tingkat Provinsi. Nanti kita akan pilih satu kader terbaik yang akan mewakili Sumatera Barat ke tingkat nasional,” ujar Ny. Nevi Zuairina.

Dikatakan, proses penilaian hari ini merupakan tindak lanjut dari ekspos para kader posyandu terbaik seluruh kota/kabupaten pada penilaian tahap awal tanggal 7 dan 8 Mei 2018 lalu. Dari hasil ekspose tersebut terpilihlah lima nominasi yang akan dinilai melalui peninjauan lapangan. Salah satunya Fasra Entika dari Kota Payakumbuh.

“Fasra Entika termasuk yang menonjol dalam proses penilaian tahap awal berupa ekspos. Satu kita tanya, sepuluh penjabaran jawaban dari beliau, luar biasa. Cuma terkait hasil, tentu nanti kelihatan pasca tim turun kelima daerah yang masuk nominasi,” ujar Nevi.

Sementara, Ketua TP PKK Kota Payakumbuh mendoakan semoga Fasra Entika mampu keluar sebagai pemenang dalam lomba tersebut. “Mudah-mudahan menjadi yang terbaik, dan menjadi utusan Sumbar ke pusat. Mari kita dukung dan doakan bersama-sama,” ujar Ny. Henny Riza Falepi.

Ketua TP PKK kota tersebut mengatakan, kehadiran langsung ibu Gubernur beserta tim penilai juga dimanfaatkan sebagai ajang evaluasi pelaksanaan posyandu di Kota Payakumbuh. Menurutnya, ajang lomba tidak melulu mencari juara,  tetapi juga ajang belajar.

“Kita jadikan sebagai ajang evaluasi.  Yang belum baik, kita perbaiki. Kita bisa tanya dimana kekurangan kita dibandingkan dengan daerah lain,  biar kita sempurnakan,” ungkap Ny. Henny Riza Falepi.

Proses penilaian lapangan sendiri dimulai dengan ekspos Pokja Posyandu Kelurahan yang disampaikan oleh Ketua LPM Kelurahan Tanjung Pauh, M. Abrar. Proses berlanjut dengan wawancara kepada seluruh stakeholder Posyandu kelurahan pada 5 (lima) bidang yaitu, Pemberdayaan, Kesehatan, Bina Keluarga Balita (BKB), PAUD, dan Pendidikan.(Ay/TIM)

loading...

Leave a Reply