Beranda Kota Payakumbuh Baralek Gadang, SMAN 2 Payakumbuh Gelar Perpisahan, Wisuda dan Peresmian Pustaka

Baralek Gadang, SMAN 2 Payakumbuh Gelar Perpisahan, Wisuda dan Peresmian Pustaka

12
0
BERBAGI
Walikota Riza Falepi, Kepala kankemenag dan kepsek fhoto bersama wisuda hafidz
Walikota Riza Falepi, Kepala kankemenag dan kepsek fhoto bersama wisuda hafidz

Payakumbuh, Newsumbar.com–Payakumbuh–Dengan telah selesainya pelaksaaan UNBK untuk tingkat SLTA sederajat yang dilaksanakan pada tanggal 9 s/d 12 April 2018, setidaknya di Payakumbuh hari ini dilaksanakan iven kegiatan perpisahan antara siswa dengan almamaternya, yakni di SMA Islam Raudhatul Jannah, SMAN 1 dan SMAN 2 Payakumbuh.

Baralek Gadang di SMAN 2 Payakumbuh yang terletak di Bukik Sitabur, pada hari ini Sabtu (14/04/2018) berlangsung sangat meriah. Setidaknya ada 5 acara akbar yang dipadu menjadi “Event Of The Year Cafladupa” yang dimulai tanggal 13 s/d 15 April 2018. Kegiatan tersebut selanjutnya diisi dengan acara perpisahan siswa kelas XII yang dinamai dengan Cafladupa Farewell Party dipadukan dengan khatam al quran, wisuda 55 hafidz/ah, lounching Majalah Kaba Flamboyan dan lounching Pustaka Digital kampus flamboyan SMAN 2 Payakumbuh yang saat ini dikepalai Hj. Irma Takarina.

SMAN 2 Payakumbuh Baralek Gadang ini tampak dihadiri Kepala Dinas Provinsi Sumatera Barat diwakili Kasi Kurikulum, Mardison, Walikota Payakumbuh, Riza Falepi, Asisten II Amriul Dt. Karayiang, Kepala Dinas Pustaka dan Arsip, Zulinda Kamal, Kepala kankemenag Asra Faber didampingi Kasi Pendmad Darius bersama Kasi Pais Sri Yusnita, Kasi PNFI Diknas, Irwanto Dt. Parmato Dirajo, Ketua Komite, Ismet, Ketua LKAAM, W. Dt. Paduko Bosa Dirajo, Pembina tahfidz, Amru Siregar, para undangan dan walimurid. Berbagai pertunjukan dan talenta siswa ditampilkan dalam kegiatan siang ini.

Dalam laporannnya kepada para undangan, Kepala SMAN 2 Payakumbuh, Irma Takarina menyampaikan bahwa Event Of The Year Cafladupa sebelumnya telah diawali dengan khatam al quran pada Jum’at (13/04/2018).

” Sebagaimana biasanya, siswa muslim yang ada di sekolah mengaji selama 15 menit setiap akan dimulainya PBM dipandu guru mengajar jam pertama, selama 3 tahun di sekolah kita mampu mengkhatam al quran. Pada hari ini kita akan mewisuda sebanyak 55 hafidz/ah yang sebagian dari mereka tidak dapat hadir disebabkan sedang mengikuti olimpiade dan seleksi paskibra diluar kota. Wisuda hafidz ini adalah untuk yang kedua kalinya kita gelar, tahun lalu telah diwisuda sebanyak 24 siswa. Dan untuk tahun ini meningkat 100 % lebih, yakni 55 orang. Wisuda hari ini juga kita rangkai dengan lounching majalah kampus dan lounching pustaka digital. Tiada bosan kami meminta, bahwa sukses pendidikan dipengaruhi Tri Pusat Pendidikan. Berkat dukungan bersama, berbagai prestasi telah diraih keluarga besar SMAN 2 Payakumbuh. Mohon dukungan selalu dari semua unsur terkait,” lapor Irma Takarina.

Membuka Cafladupa Farewell Party, Kasi Kurikulum, Mardison, M.Pd mewakili Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada keluarga besar SMAN 2 Payakumbuh.

” Salam dan permohonan maaf dari Kepala Dinas Pendidikan, karena pada momen bersamaan sedang mewakili Gubernur untuk menyambut kunjungan Bunda Paud Nasional ke Padang,” Mardison awali sambutan.

Dilanjutkannya, “Sesuai amanat Perpres No. 87 Tahun 2017 tentang Pendidikan karakter akhlak mulia, SMAN 2 Payakumbuh telah berhasil laksanakan program ini secara maksimal yang dibuktikan dengan meningkatnya kuantitas peserta wisuda hafidz. Selain itu, aplikasi juga dapat kita lihat saat penampilan tari, nasyid dan musik yang dimainkan secara manual oleh siswa. Bukan pemutaran musik dengan kaset, dan inilah keinginan pemerintah. Untuk mewujudkan generasi emas, SMAN 2 Payakumbuh telah memulai membekali siswa dengan ilmu saintific dan ilmu religi, sehingga ada keseimbangan. Kepada siswa 362 siswa kelas XII yang baru saja siap laksanakan UNBK, semoga meraih nilai terbaik dan dapat melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi terbaik. Untuk SMAN 2 Payakumbuh kami tidak meragukan kelulusannnya, karena sekolah ini adalah sekolah rujukan nasional. Walaupun wewenang pengelolaan SMA telah dialihkan ke provinsi, tapi semua yang ada di SMA tersebut adalah aset besar dan kebanggaan Payakumbuh, yang akan mengharumkan nama Payakumbuh. Semua yang ada di sekolah ini masih warga dan milik Walikota Payakumbuh,” sebutnya.

“Salam hangat juga kami tujukan kepada Akhlakul Imam, siswa inklusi dari SMAN 2 Payakumbuh, hafidz 22 juz yang telah mengharumkan nama daerah dan negara di kancah pendidikan internasional. Pemerintah telah mewajibkan penyelenggaraan pendidikan inklusi di setiap lembaga pendidikan yang ada di negara ini. Semoga Akhlakul Imam akan menjadi imam besar kelak. Selamat untuk semuanya,” tukuk Mardison.

Sambutan hangat dan penuh apresiasi juga disampaikan Kepala Kankemenag Kota Payakumbuh, Asra Faber. Dalam sambutannya, Asra Faber menerangkan bahwa SMAN 2 Payakumbuh sangat berperan aktif mendukung program yang digelontorkan oleh Kementerian Agama, yakni program keagamaan seperti hafidz, rohis, khatib, imam dan sebagainya.

” Banyak sudah program keagamaan yang telah diselenggarakan di SMAN 2 Payakumbuh dan sangat mendukung program kemenag, khususnya kemenag Kota Payakumbuh. Koordinasi dan sinergitas antara kemenag dan sekolah tak perlu diragukan lagi, semuanya saling mendukung. Pemko Payakumbuh sangat merespon program akhlak mulia salah satunya program hafidz yang akan kita wisuda hari ini. Di kota dan kabupaten lain bellum ada dilaksanakan khatam al quran di sekolah, termasuk di madrasah sendiri. Tapi sekolah di Payakumbuh sudah diterapkan, bahkan dilaksanakan di jam sekolah, hal ini perlu dicontoh. Aktifnya SMAN 2 Payakumbuh dalam kegiatan keagamaan, merupakan ladang amal bagi majlis guru, tenaga pembimbing dan pimpinan. Rohis di sekolah yang didukung dengan tenaga pengajar, labor agama yang repsentatif telah melahirkan para hafidz, para imam, para khatib sebagai pelanjut kepemimpinan kita saat ini. Teruslah pedalam al quran, karena janji Allah pasti. Pecinta dan penghafal al quran akan selalu dijaga langkahnya oleh Allah. Selamat,” pungkas Asra Faber.

Sementara itu, Walikota Payakumbuh Riza Falepi dalam apresiasinya memeberikan motivasi kepada semua siswa SMAN 2 Payakumbuh untuk terus mendalami kajian al quran.

” Minangkabau adalah sarangnya para ulama dan ilmuwan besar yang dikagumi dunia, semuanya itu hanya berawal dari surau-surau kecil. Semua itu ditunjang oleh kekompakan tali 3 (tigo) sapilin. Dengan perubahan zaman, keberhasilan para leluhur itu sekarang beralih ke lembaga pendidikan, bahkan sudah menjamur di Kota Payakumbuh. Yaitu program menghafal al quran yang sudah kita canangkan secara lokal, tapi mendunia dan dicontoh kota dan kanbupaten lain, termasuk di tingkat provinsi sendiri. Sukses pendidikan harus disokong Tri Pusat Pendidikan, dan kita harus pahami itu,” sebut Riza.

“Kita pasti dan patut bersyukur dengan wisuda hafidz yang dilaksanakan hari ini oleh SMAN 2 Payakumbuh, kalau bisa semuanya hafidz hingga 30 juzz. Mari terus menghafal dan mendalami al quran, karena belajar waktu kecil bagai mengukir diatas batu, dan ini harus terus dipupuk. Dan semoga menjadi pahala disisi Allah untuk para gurunya. Al quran adalah way of life, teruslah dalami walaupun harus menambah jam dan mengikuti mabit di luar sekolah. Yakinlah, semua itu akan beruah manis hingga akhir zaman. Saat ini, wewenang pemko hanya sampai tingkat SLTP, walaupun demikian, program pemko terkait pendidikan karakter dan akhlak mulia, sangat disupor gubernur,” ungkap Riza Falepi.

Disaksikan semua undangan yang hadir, prosesi khatam hafidz dilakukan oleh pembina hafidz ustadz Amru Siregar. Dihadapan para undangan, Amru Siregar melakukan ujian hafalan ayat-ayat sulit kepada 3 orang siswa SMAN 2 Payakumbuh yang memiliki hafalan terbanyak. Ketiga siswa tersebut adalah Akhlakul Imam hafidz 22 juzz dengan fashohah 17 juzz dan berhak mendapat hadiah umrah. Selanjutnya Muhammad Abdullah Mansur dengan hafidz fashohah 7 juzz dan Muhammad Reihan Adra hafidz fashohah 4 juzz. Ketiga nominator tersebut bersama 52 hafidz lainnya mendapatkan reward, piagam dan medali pembinaan yang telah disiapkan oleh pihak sekolah.

Penyerahan hadiah umrah kepada Akhlakul Imam dilakukan langsung Walikota Payakumbuh Riza Falepi didampingi kepala sekolah Irma Takarina. Sementara penyerahan piagam oleh Kepala kankemenag Asra Faber dan penyerahan reward oleh Asisten II Amriul Dt. Karayiang. Suasana penuh haru bercampur air mata dapat kita saksikan saat para hafidz memohon doa restu serta mendapatkan sebuah mahkota yang dipasangkan oleh orangtua.

Walikota Lounching Majalah Kampus dan Pustaka Digital
Usai para undangan memberikan ucapan selamat kepada 55 hafidz/ah, kegiatan dilanjutkan dengan lounching majalah Kaba Flamboyan oleh Walikota Payakumbuh bersama Kankemenag dan undangan lainnya. Pihak pemerintah sangat mendukung terbitnya majalah kampus Kaba Flamboyan yang telah mendapatkan ISBN dibuktikan dengan terbitan perdananya bernomor : I/I/2018.Dukungan pemerintah dan tokoh masyarakat dibuktikan dengan pembubuhan tanda tangan pada kanvas kofer majalah Kaba Flamboyan.

Selanjutnya Walikota Riza Falepi didampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Zulinda kamal bersama undangan juga meresmikan langsung pemakaian Pustaka Digital SMAN 2 Payakumbuh yang bekerjasama dengan Politani UNAND. Peresmian ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh Walikota Payakumbuh. Kesempatan itu Walikota Riza Falepi bersama undangan juga meninjau langsung Pustaka Digital yang saat ini dikelola oleh Afrizon bersama Lili Hera dan tim.

Dijelaskan Afrizon kepada Walikota, ” Pustaka Digital kia 2 lantai telah menerapkan sistem barcode yang dapat diakses secara internet oleh anggota pustaka. Pustaka digital saat ini memiliki sekitar 28 ribu judul buku dan sekitar 60 ribu koleksi buku. Dalam melancarkan tugasnya, pengelola pustaka dilengkapi dengan 5 unit komputer yang sudah terintegrasi,” jelas Afrizon didampingi Lili Hera.

Kegiatan ditutup dengan shalat Dzuhur berjemaah di mesjid kampus flamboyan SMAN 2 Payakumbuh dan dilanjutkan dengan makan siang bersama. Untuk esok harinya Ahad (15/04/2018) kegiatan akan dilanjutkan dengan berbagai rangkaian kegiatan pengembalian 362 siswa kelas XII oleh pihak sekolah kepada walimurid.

Selamat jalan siswa kelas XII. SMAN 2 Payakumbuh sukses Baralek Gadang “Event Of The Year Cafladupa tahun 2018”.ay004

loading...

Leave a Reply