Beranda Kota Payakumbuh Akrab bersama Wamen ESDM, Ternyata Archandra Tahar Teman Seangkatan Walikota Riza di...

Akrab bersama Wamen ESDM, Ternyata Archandra Tahar Teman Seangkatan Walikota Riza di ITB

182
0
BERBAGI

Payakumbuh, Newsumbar.com – Walikota Payakumbuh, Riza Falepi reunian dengan Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI, Arcandra Tahar serta Mantan Direktur Utama Semen Padang Benny Wendry dalam acara Tour & Hiking yang diadakan oleh Forum Minang Maimbau pada Sabtu (31/3) dengan rute Kota Bukittinggi – Lawang, Kabupaten Agam. Wako Riza, Wamen Archandra, dan Dirut Benny merupakan teman satu angkatan dan almamater di Institut Teknologi Bandung (ITB), tepatnya angkatan 89.

Wamen, Archandra tercatat sebagai Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin ITB angkatan 89. Sementara Wako, Riza Falepi masuk pada tahun yang sama di Jurusan Teknik Elektro, sedangkan Benny juga menjadi mahasiswa Jurusan Teknik Kimia ITB. Ketiganya tampak akrab bercengkrama sesekali berdiskusi sambil menyusuri trek menantang dengan suasana perbukitan antara Bukittingi dan Lawang.

Bersama mereka turut hadir Kapolda Sumatera Barat, Irjen.Pol. Fakhrizal beserta rombongan Polda Sumbar, Ketua FMM, Firdaus HB besera pengurus FMM, serta Keluarga Besar Ikatan Keluarga Minang Riau (IKMR).

Walikota Riza Falepi menuturkan bahwa baik Wamen Archandra dan Dirut Benny adalah sosok sahabat yang baik dan rajin sewaktu sama sama belajar di ITB.

“Pak Wamen kita ini saat kuliah di ITB dulu rajin dan senang ikut acara pengajian, sampai sekarang juga masih begitu, kalau pak Dirut, kerjaannya baca buku terus. Kalau saya ketemu beliau, pasti sedang baca buku,” ujar Wako Riza disambut tawa sumringah Wamen Archandra dan Dirut Benny.

Dituturkan Riza, pasca menyelesaikan S1di ITB, ketiganya menempuh jalur yang berbeda. Saat Riza memilih melanjutkan Magister di ITB, Wamen Archandra memperoleh kesempatan melanjutkan studi Magister di Texas A&M University, Amerika Serikat, sementara Dirut Benny memilih berkarier di PT. Semen Padang yang kemudian membesarkan namanya.

“Alhamdulillah, melalui acara ini, kami kembali bertemu dan mengenang masa-masa indah saat berkuliah di ITB dahulu, semoga dengan pertemuan ini banyak hal-hal positif yang kami peroleh sekaligus membawa dampak bagi pembangunan Kota Payakumbuh,” harap Riza.

Saat menyusuri jalur Hiking, Wako Riza mengajak Wamen Archandra dan Dirut Benny untuk menjajal trek Hiking di Kota Payakumbuh.

“kapan-kapan kita jajal trek Hiking di Payakumbuh, kita juga punya namanya Puncak Marajo di kawasan Ngalau, atau di kawasan Harau Lima Puluh Kota, lumayan menantang,” seru Wako Riza memanggil sapaan akrab Wamen Archandra disambut anggukan sang Wamen, yang menunjukkan ke akraban keduanya.

Wamen ESDM, Archandra Tahar sendiri pulang kampung ke Sumatera Barat disamping menghadiri rangkaian kegiatan FMM juga sekalian mengisi liburan panjang akhir pekan bersama keluarga. Suami dari Paulin, dan Ayah dari Syifa dan Zahra ini mengaku rindu dengan suasana alam dan adat Minangkabau.

Archandra terlihat sangat emosional saat memainkan orgen tunggal diikuti alunan suling dari grup kesenian lokal saat mengiringi lagu-lagu minang klasik. Wamen ESDM tersebut tak dapat menyembunyikan rasa rindunya terhadap lagu-lagu minang yang diiringinya.

“Baa dak ka rindu, salamo di Amerika dak ado nan mode ko basuo dek beliau, kok taragak musik minang, paliang mamuta kaset, sudah tu nyanyi sorang, kan indak sero (bagaimana tidak rindu, selama di Amarika Serikat, tidak ada hal (musik suling-red) seperti ini yang beliau temui, jika ingin mendengar musik minang, paling memutar kaset, lalu bernyanyi sendiri, kan tidak seru),” seloroh Riza sembari melirik Wamen dan Dirut Benny.

Pertemuan tiga sahabat ini tak lepas dari acara Tour & Hiking yang diangkatkan oleh Forum Minang Maimbau (FMM). Ketiganya tercatat bergabung dalam forum yang diinisiasi oleh Sesepuh Minang, sekaligus Mantan Menteri era Orde Baru, Fahmi Idris. (rel/ARYA)

loading...

Leave a Reply