Beranda Nasional Agus Rubiono : Perlu Penambahan Hydrant di Kawasan Pasar Payakumbuh

Agus Rubiono : Perlu Penambahan Hydrant di Kawasan Pasar Payakumbuh

21
0
BERBAGI

Payakumbuh,– Hydrant adalah suatu sistem penanggulangan kebakaran yang efektif dengan menggunakan media air. Kebutuhan akan Hydrant dikawasan pasar sangat dibutuhkan sekali guna mengantisipasi kejadian kebakaran. Untuk itu Agus Rubiono Kabid Pasar Payakumbuh, mengharapkan adanya penambahan titik-titik Hydrant oleh Pemko Payakumbuh. Hal ini disampaiakannya terkait akan kebutuhan Hydrant tersebut, Pada Selasa ( 11/7).

”Perlu penambahan Hydrant untuk kawasan pasar. Mengingat saat ini kebutuhan akan Hydrant sangat berguna sekali dalam mengantisipasi kebakaran. Dari tiga titik penempatan Hydrant, hanya satu yang berpungsi, sementara dua lainnya saat ini dalam kondisi rusak,” ucap Agus.

Agus Rubiono juga memaparkan, untuk saat ini, ada tiga buah titik Hydrant yang berada, lokasinya terdapat di Pasar Ibuh Barat, Jembatan Ratapan Ibu dan Hidrant yang terletak di kawasan terminal sago (pasar penampungan). Oleh sebab itu kebutuhan akan Hydrant dikawasan pasar Payakumbuh, “kalau dapat dianggarkan pada tahun 2018 nanti”, ulas Agus.

Sementara itu ditempat terpisah, Ahdion Kasi Operasional dan Pencegahan Damkar Kota Payakumbuh, Keberadaan Hydrant untuk kawasan pasar berguna untuk mengantisipasi penanggulangan terjadinya kebakaran dalam keterangannya menyampaikan, ” Hydrant berguna untuk antisipasi, Dimana Hydrant sebagai perangkat sistem pemadam api kebakaran dalam skala besar dan tak terbatas.

Makanya Hidrant ini, sangat berguna sekali buat Damkar Payakumbuh. Hydrant sendiri terbagi menjadi 2 bagian yakni, Hydrant Gedung dan Hydran Pilar (Halaman). Dimana pungsi kedua Hydrant tersebut sama-sama berguna untuk memadamkan api,” Kata Ahdion.

Lebih jauh Ahdion menyampaikan dalam mengatasi kebakaran, pasokan air sangat dibutuhkan sekali, makanya Hydrant memang perlu ada dikawasan pasar, seperti apa yang disampaikan oleh Agus Rubiono Kabid Pasar Payakumbuh.

” Guna pemadaman maksimal terhadap kejadian kebakaran, pasokan air melalui Hydran sangat dibutuhkan sekali. Dimana Hydrant sendiri dapat mengatasi kobaran api, supaya jangan sampai merembes lebih jauh lagi, dan terutama Hydrant tersebut berpungsi untuk memadamkan api segera mungkin sebelum bantuan tiba, guna keselamatan keselamatan jiwa manusia, maupun dalam hal material atau finansial,” terang Ahdion.

Saat ini Hydrant yang terpasang baik Hydrant gedung maupun Hydran Pilar, masih memiliki keterbatasan jumlahnya, sehingga akan menyulitkan anggota Damkar untuk memadamkan api. Terlebih Hydran pilar sangat dibutuhkan sekali, sebab Hydrant ini berguna sebagai pemasok air jika talam tangki mobil pemadam kebakaran kekurangan air. Hydrant ini biasanya dipasang sepanjang jalan akses kendaraan operasional Damkar, pungkas Ahdion. (ay)

Leave a Reply