Beranda Kota Payakumbuh Juarai LKB Tingkat Kota Payakumbuh, Kelurahan SAPAKU Melaju ke Provinsi

Juarai LKB Tingkat Kota Payakumbuh, Kelurahan SAPAKU Melaju ke Provinsi

18
0
BERBAGI

Payakumbuh, Newsumbar.com – Kelurahan Sawahpadang Aurkuning Kecamatan Payakumbuh Selatan keluar sebagai pemenang Lomba Kelurahan Berprestasi (LKB) tingkat Kota Payakumbuh tahun 2018. Kelurahan yang keren dengan singkatan SAPAKU ini berhasil menyisihkan dua kompetitor lain, yaitu Kelurahan Balai Tongah Koto Kecamatan Payakumbuh Utara dan Kelurahan Talang Kecamatan Payakumbuh Barat.

“Setelah melewati dua tahapan penilaian, tim penilai menetapkan Kelurahan Sawahpadang Aurkuning sebagai pemenang lomba kelurahan berprestasi tahun 2018, diikuti oleh Kelurahan Balai Tongah Koto dan Kelurahan Talang diperingkat dua dan tiga,” ujar Kabag Pemerintahan, Atur Satria didampingi Kasubag Umum, Arfianto saat dihubungi Selasa (27/3).

Dijelaskan, tahap pertama penilaian dilaksanakan melalui ekspos dan wawancara kepada Kelurahan yang menjadi utusan lima kecamatan yang ada di kota Payakumbuh.

“Lima kelurahan yang dinilai pada tahap pertama adalah, Kelurahan Talang Kecamatan Payakumbuh Barat, Kelurahan Balai Tongah Koto Kecamatan Payakumbuh Utara, Kecamatan Padangalai Bodi Kecamatan Payakumbuh Timur, Kelurahan Sawahpadang Aurkuning Kecamatan Payakumbuh Selatan dan Kelurahan Koto Panjang Padang Kecamatan Latina,” beber Atur Satria.

Dikatakan, hasil penilaian tahap pertama berupa ekspos dan wawancara, tiga kelurahan berhak maju kepenilaian tahap kedua. Tiga kelurahan tersebut adalah, Kelurahan Sawahpadang Aurkuning, Kelurahan Balai Tongah Koto dan Kelurahan Talang.

“Penilaian tahap dua dilakukan dengan peninjauan ke lapangan, hasilnya kelurahan Sawahpadang Aurkuning ditetapkan tim penilai sebagai pemenang dan berhak mewakili Kota Payakumbuh pada lomba yang sama di tingkat Provinsi Sumatera Barat,” ujar Arfianto.

Dihubungi terpisah, Lurah Sawahpadang Aurkuning, Nazril Ardi Wiranata mengaku bersyukur dengan hasil yang diperoleh kelurahannya. Menurutnya hal itu tidak terlepas dari kerjasama dan kekompakan aparat kelurahan bersama lembaga kemasyarakatan dan masyarakat di Kelurahan SAPAKU.

“Alhamdulillah, berkat kerjasama yang kami bangun dengan baik bersama lembaga-lembaga dan masyarakat kelurahan Sawahpadang Aurkuning, tahun ini kami berhasil menjadi yang terbaik, terimakasih atas dukungan semua pihak, khususnya masyarakat SAPAKU,” ujar Enji, sapaan akrab Nazril Ardi Wiranata.

Kelurahan SAPAKU dalam waktu dekat akan mengikuti penilaian LKB tingkat provinsi Sumatera Barat. Untuk diketahui, kali terakhir utusan Kota Payakumbuh keluar sebagai pemuncak lomba Kelurahan Berprestasi tingkat Provinsi adalah tahun 2008. Kebetulan utusan Kota Payakumbuh waktu itu dalah Kelurahan Aur Kuning yang sekarang menjadi bagian dari Kelurahan Sawahpadang Aurkuning.

“Mohon doa dan dukungan kita semua, semoga Kelurahan SAPAKU bisa mengakhiri puasa gelar LKB tingkat provinsi Sumatera Barat yang sudah sepuluh tahun lamanya belum bisa dipuncaki Kota Payakumbuh,” pungkas Enji.

Pada pelaksanaan LKB tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2017 lalu, utusan Kota Payakumbuh, Kelurahan Payobasung hanya meraih peringkat ketiga. Pemenang pertama diraih oleh kelurahan Tanah Lapang,  Kota Sawahlunto, dan peringkat kedua diraih oleh Kelurahan Purus, Kota Padang. (ARYA)

loading...

Leave a Reply